SELAMA 2 HARI PANWASCAM SE-KABUPATEN PANGANDARAN IKUTI BINTEK SIWASLU

PANGANDARANNEWS.COM- Untuk memaksimalkan pengawasan proses berjalannya Pemilu pada 9 Desember 2020, Bawaslu Kabupaten Pangandaran selama dua hari (1-2/12) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Pengawasan Pemilihan Umum (Siwaslu) yangdiikuti seluruh anggota Panwascam dan staf PHL se- Kabupaten Pangandaran, bertempat di salah satu hotel di Pangandaran. (2/12) 

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Yudiawan, dalam rapat tersebut Bawaslu memastikan tahapan ini dilakukan telah sesuai perundangan serta meminimalkan potensi kerawanan, khususnya pada tahapan injury time, seperti tahapan putungsura, sirekap hanya alat bantu dalam tahapan putungsura.

Sementara Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat, H. Wasikin, menuturkan, Sirekap tidak menjangkau blank spot, tapi jika sirekap bisa menjadi acuan ilmu pengetahuan karena yang punya pegangan hukum adalah manual.

Menurut Wasikin, Siwaslu merupakan sebuah sistem pengawasan Pemilu yang akan di gunakan di pilkada Pangandaran, dan sistem tersebut digunakan dalam pengawasan masa tenang, hari pemungutan, penghitungan hingga saat rekapitulasi suara.

Perangkat ini, imbuhnya, digunakan sebagai sarana informasi dalam pengawasan proses dan hasil pemungutan, penghitungan suara serta penetapan hasil Pemilu. Siwaslu ini sangat baik untuk mengontrol hasil pengawasan secara berjenjang sesuai fakta-fakta di lapangan, karena melalui Siwaslu pengawas TPS akan melaporkan langsung hasil pengawasannya secara online.

“Sehingga pengawas TPS dituntut menguasai sistem pelaporan, lebih teliti dan akurat terhadap apa yang di laporkan, dan Bimtek ini sendiri bertujuan sebagai bahan panwascam untuk disampaikan pada acara bimtek PTPS nanti, “jelas Wasikin. (Tn)






Related

POJOK PEMILU 2265568591106962469

Posting Komentar

emo-but-icon

item