SELAIN PENGUATAN TANGGUL DAS, UNTUK ATASI BANJIR WARGA JANGAN BUANG SAMPAH KE SUNGAI

Ketua DPRD Pangandaran Asep Noordin 
PANGANDARANNEWS.COM – Bencana alam banjir lebih sering karena diakibatkan ulah manusia yang tidak disiplin membuang sampah ke sungai sehingga aliran sungai pun tersendat. Dan jika sudah demikian kemungkinan besar yang bakal terjadi air sungai akan meluap kedarat dan  menggenangi permukiman warga.


Demikian disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran Asep Noordin, saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu. (19/11)

Asep pun mengajak seluruh warga Pangandaran untuk memperhatikan kelestarian alam khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk meminimalisir terjadinya banjir.

"Sama, di Kabupaten Pangandaran pun bencana banjir sering diakibatkan kondisi sungai yang sudah rusak,"ujarnya.

Asep mengatakan, kondisi DAS ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah daerah, karena jika arus sungai tidak mengalir lancar, kondisi sungainya dangkal dan tanggulnya kurang refersentatif maka berpotensi menimbulakn bencana banjir.

Seperti yang sering terjadi di Kecamatan Mangunjaya, menurutnya, salah satu solusi untuk mengatasinya harus ada normalisasi sungai Cikaso dan penguatan tanggul juga masyarakat pun harus dilibatkan dalam menjaga lingkungan di sekitar aliran sungai.

Kejadian banjir musiman ini hampir terjadi setiap tahun, dan DPRD sendiri sudah melakukan dialog dengan para tokoh masyarakat dan Pemerintah Desa untuk bersama melakukan upaya pencegahan dan meminimalisir banjir ini.

“Saya mengimbau pada seluruh elemen masyarakat saat ini harus sudah mulai sadar untuk tidak membuang sampah ke sungai, “pungkasnya. (PNews)


Related

Jendela Parlemen 1913868248325984396

Posting Komentar

emo-but-icon

TOP NEWS

Ingin tahu lebih jauh WISATA CITUMANG, KLIK DISINI !!

Link Banner

media partner

Link Banner

Media Partner

Link Banner
item