JELANG PILKADA SERENTAK TASIKMALAYA tahun 2020, SEJUMLAH PPS DAN LINMAS DESA CIBONGAS JALANI RAPID TES

pangandarannews.com/tasiknews – Menjelang pelaksanaan Pilkada pada tanggal 9 desember mendatang, 77 petugas PPS dan petugas ketertiban (Linmas) yang nantinya betugas di 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Desa Cibongas Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmlaya, melakukan tes cepat deteksi Covid-19 (rapid test).

Saat dihubungi melalui telepon celullernya, Sekretaris Desa Cibongas, Dedi Yanto, membenarkan, tes cepat ini sangat penting  untuk mengantisipasi jika memang ada anggota yang reaktif sehingga nantinya dengan cepat dilanjutkan dengan tes usap (swab test). Dan hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan agar pilkada tidak menjadi klaster baru penularan Covid-19.

“Rapid tes yang dilaksanakan di kantor desa ini pada 7 petugas TPS dan 2 anggota Linmas dari tiap-tiap TPS yang ada di Desa Cibongas, “jelasnya. (4/12)

Apabila hasil tes cepat menyatakan ada anggota KPPS dan Linmas yang dinyatakan reaktif, kata Dedi, KPU tidak serta merta akan mengganti namun yang bersangkutan diminta untuk menjalani swab tes dan isolasi mandiri selama 14 hari, bila masih ada waktu sebelum yang bersangkutan kembali  persiapan bertugas.

Sebelumnya, imbuh Dedi, yang lebih dulu bertugas seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) juga telah menjalani tes cepat serupa sebelum bertugas.

Dedi berharap para petugas KPPS dan petugas ketertiban TPS selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlakuserta menjaga kesehatan dan imun tubuh.

Menurut Dedi, Puskesmas sebagai pusat kesehatan milik pemerintah  pun memberikan fasilitas tes cepat kepada siapa saja yang ingin melakukan deteksi dini Covid-19, terermasuk kegiatan tes cepat yang direkomodasikanh PPK Kecamatan Pantengah.

Dedi juga menghimbau kepada 3.439 warga Desa Cibongas yang sudah tercatat dalam Daptar Peilih Tetap (DPT) bisa hadir untuk memberikan hak pilihnya pada tanggal 9 desember mendatang,.

“Mari kita sukseskan Pilkada serentak Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020 dengan demokratis dan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker dn jaga jarak, “pungkasnya. (UDIRSTANDI-ANWARWALUYO)



 

Related

TASIK NEWS 789597479991415638

Posting Komentar

emo-but-icon

item