SURVEI LSI DENNYY JA JUARA MASIH UNGGULI PASLON AMAN DI PILKADA PANGANDARAN, INI PENJELASANNYA

PANGANDARANNEWS.COM –Hasil survey terbaru Pilkada tahun 2020 Kabupaten Pangandaran yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Network Denny JA, pasangan calon (Paslon) Jeje Wiradinata-Ujang Endin (JUARA) masih mengungguli pesaingnya Adang Hadari-Supratman (AMAN), salah satu indikator adaa 30,3 persen pemilih soft supporter.

Pemilih katagori soft supporter, menurut Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI Network Denny JA,  Toto Izul Fatah, melalui zoom meeting, senin (2/11), biasanya sering disebut lahan tak bertuan yang masih bisa diperebutkan. Suara gabungan dari soft supporter yang sudah memilih tapi masih bisa berubah dan ada juga yang belum mempunyai pilihan karena tidak tahu dan tidak jawab.

“Data 30,3 persen ini bagian dari data strong supporter dari kedua paslon, dengan masing-masing jumlah pemilih pasangan Jeje-Ujang Endin memiliki 47,7 persen strong supporter, sementara  pasangan Adang-Supratman 22 persen strong supporter, “jelas Toto.

Yang menarik dan menjadi salah satu keunggulan serta kekuatan pasangan Jeje- Ujang, memiliki strong supporter atau pemilih militan yang tinggi, baik personal maupun pasangan, bahkan, imbuh Toto, untuk personal elektabilitas strong supporternya mengalami kenaikan siginifikan, dari sebelumnya 35,4 persen naik menjadi 44,5 persen.

Dengan posisi strong supporter sebesar itu, menurut Toto, JUARA dipastikan stabil tetap dipilih pada Pilkada Pangandaran tahun ini, pasalnya pemilih berkategori strong supporter  ini biasanya tak pernah berubah hingga hari-H pemungutan suara.

“Sementara untuk pasangan AMAN yang memiliki 22 persen, perlu kerja ekstra lagi untk menambah jumlah strong supporter tersebut, “tegasnya.

Toto juga menyampaikan, terlepas dari semua ini masih banyaknya suara mengambang atau soft supporter, dan tentu ini menjadi tugas besar untuk kedua paslon secara head to head ini untuk memaksimalkan orang datang ke TPS, apalagi di masa Pandemi seperti sekaran ada potensi orang malas datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Terkait elektabilitas, menurut hasil survey LSI, dukungan suara pasangan nomor urut 1, Jeje Wiradinata- Ujang Endin Indrawan mencapai angka 65 persen dan pasangan Adang Hadari-Supratman masih tertinggal cukup jauh di posisi 28 persen.

Toto menambahkan, survei dilakukan pada tanggal 23 hingga 27 Oktober 2020 dengan menggunakan metode standar; multistage random sampling dan wawancara tatap muka dengan jumlah responden 440 dengan margin of error 4,8 persen.

Sementara potret dukungan kuat pada pasangan yang diusung PDIP ini mulai terlihat dari jawaban mayoritas publik dengan sekitar 58,3 persen masih menginginkan bupati petahana dan 27,7 persen yang menghendaki bupati baru. Begitu juga dengan tingkat kepuasan publik, 82,8 persen, dengan asumsi jika digabungkan antara yang sangat puas 19,8 persen dan cukup puas 63 persen.

"Dari pengalaman LSI melakukan ratusan kali survei, calon incumbent yang memiliki tingkat kepuasan publik terhadap kinerjanya diatas 70%, apalagi 80%, ini selalu menjadi modal untuk dengan mudah terpilih kembali, apalagi figur incumbent dengan tingkat pengenalan dan kesukaannya berbanding lurus ini ada pada Pa Jeje yang dikenal oleh 98 persen dan disukai 93,6 persen, "ucap Toto.

Namun, menurut Toto, bisa saja hasil survei ini meleset jika terjadi “tsunami politik” atau money politic yang massif, walau hal ini pasti tidak mudah dilakukan karena hanya menyisakan waktu tinggal satu bulan lagi.

Toto juga menyampaikan data aneka variable kuesioner survei yang menjadi indikator LSI memprediksi kemenangan Jeje-Ujang, misalnya dukungan aneka segmen demografis yang cukup merata, mulai dari segmen gender, jenis profesi atau pekerjaan, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, usia, ormas hingga pemilih partai politik, begitu juga dengan dukungan yang relatif merata di hampir semua daerah pemilihan. 

Pasangan Jeje-Ujang Endin merajai dukungan kecuali di Kecamatan Cijulang dan Cimerak yang masih bersaing, tapi diluar dapil itu unggul cukup telak, khususnya di dapil gemuk, 2 dan 3 dengan populasi 24,4 persen dan 22,4 persen pasangan Jeje-Ujang unggul sekitar 70 persen,"pungkasnya. (PNews)


Related

POJOK PEMILU 6813593473046014538

Posting Komentar

emo-but-icon

item