PKK DESA SIMPANG LAKSANAKAN PELATIHAN PENCEGAHAN DINI STUNTING

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS- Sasaran pembangunan pangan dan gizi di Desa Simpang Kecamatan Bantarkalong Kabupaten Tasikmalaya, lebih difokuskan untuk menurunkan prevalensi kekurangan gizi pada balita, termasuk stunting. Beberapa program dan kegiatan pembangunan  pun telah dilakukan untuk mendukung sasaran tersebut.

Tak hanya itu, gerakan perbaikan gizi dengan fokus membanggun desa sehat  pertama kehidupan yang mengacu pada Gerakan Nasional Sadar Gizi dalam Rangka Percepatan Perbaikan Gizi Kehidupan ini bukan inisiatif atau institusi maupun pembiayaan baru, melainkan meningkatkan efektivitas dari inisiatif yang telah ada, yaitu meningkatkan koordinasi termasuk dukungan teknis,  dan kemitraan inovatif, dan partisipasi untuk meningkatkan keadaan gizi dan kesehatan masyarakat, dan pembangunan. 

Demikian disampaikan Bidan Leli, Am.Keb, saat menjadi nara sumber pada kegiatan pelaksanaan pelatihan pencegahan dini stunting di Desa Simpang, yang dilaksanakan aula desa dengan dihadiri sekitar 40 orang dari kader Posyandu, ibu PKK, tokoh masyarakat dan tokoh agama, juga turut dihadiri aparat Desa, Ketua BPD, babimsa,  babimas, Ketua dan anggota Penggerak PKK Desa Simpang, Pengurus Lansia dan Pengurus PAUD.(3/10)

“Hal ini perlu didukung, antara lain dengan peningkatan kapasitas penanganan stunting bagi Kader PKK, posyandu yang ada di Desa Simpang, “ujarnya.

Pemerintah desa hendaknya laksanakan Pembinaan dan Pelatihan Kader PKK untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya pelaku Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan  para Kader PKK posyandu.

Ia menamnbahkan, kepada semua kader diharapkan bisa meningkatkan kinerja dengan berbagai inovasi sehingga dapat mendorong terciptanya kondisi kesehatan masyarakat terutama menyangkut kesehatan ibu hamil dan balita untuk menghindari stunting lansia serta mendorong usaha ekonomi keluarga dengan memanfaatkan sumber daya berbasis lokal.

“Dan yang lebih penting menyangkut kewaspadaan kita dalam mengantisipasi penularan Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan”, tutur Lely . (ANWARWALUYO)


Related

TASIK NEWS 5238423106589187470

Posting Komentar

emo-but-icon

item