KONDISI PANDEMI COVID 19 SANGAT BERDAMPAK PADA JUMLAH PENGUNJUNG KE SITU SANGHYANG

PANGANDARANNEWS.COM/TASIKNEWS- Penyusutan jumlah pengunjung yang datang ke Obyek Wisata (OW) Situ Sanghyang di Desa Cibalanarik Cilolohan Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya mengalami penurunan yang cukup drastis selama masa pandemi Covid 19.

Seperti dikatakan wakil Ketua pengelola OW. Situ Sanghyang, Maslikan ( 51), selama 3 bulan tetakhir ini jumlah pengunjung yang datang mengalami penurunan hingga mencapai 60 prosen.

Tapi penurunann ini bukan karena pandemi saja, menurut Maslikin, dampak dari bermunculannya obyek wisata lokal yang ada di daerah juga berpengaruh pada pengurangan jumlah pengunjung yang datang ke Situ Sanghyang.

"Dan tentu ini berpengaruh juga pada perolehan PAD,"ungkapnya.

Maslikan mengatakan, obyek wisata Situ Sanghyang yang dikelola pemerintah ini sudah mempunyai payung hukum Peraturan Daerah (Perda), sehingga pengunjung yang masuk pun harus membayar sesuai peraturan sebesar Rp. 6 ribu untuk per orangnya dengan rincian untuk karcis masuk Rp. 5 Ribu dan Rp 1 ribu untuk Jasa Raharja.

Faktor lain berdampak pada penurunan jumlah pengunjung, imbuhnya, karena di lokasi wisata Situ Sanghyang masih kurang fasilitas pendukung, seperti kolam renang, pertamanan, permainan anak.

"Dan fasilitas tersebut memang sering ditanyakan pengunjung, dan selama ini kepada pengunjung saya hanya menawarkan keindahan alam saja, “terangnya. 

Maslikin berharap, ini bisa menjadi perhatian pemerintah melalui Dinas Pariwisata sehingga keberadaan Situ Sanghyang pun aka mampu menambah pembendharaan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

"Saat ini mungkin dinas pariwisata sedang mencari solusi agar PAD pun bisa maksimal tidak seperti sekarang hanya menyetor seadanya saja", pungkasnya.(RUSDIANTO)


Related

TASIK NEWS 1317028001975577741

Posting Komentar

emo-but-icon

item