PEMKAB TASIK BELUM OPTIMAL BENAHI WISATA PANTAI CIPATUJAH

TASIK NEWS-Beberapa wisatawan yang datang ke Pantai Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, mengaku kecewa karena obyek wisata yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat ini terkesan kurang terurus dan tertata rapih.

Hampir di sepanjang bibir pantai, nampak sampah plastik, kayu dan sampah lainnya serta jejeran warung-warung kumuh  menambah citra buruk pariwisata.

Mirisnya lagi, Pemkab Tasik pun seolah tidak ada upaya mengucurkan APBD untuk melakukan pembanggunan serta menambah fasilitas wisata, padahal letak pantai Cipatujah ini cukup strategis, hanya butuh sekitar 2 jam  perjalanan dari Kota Tasikmalaya  untuk sampai ke panati.

Seperti diungkapkan salah seorang wisatawan asal Bogor, Dani Herdiana, padahal jika saja obyek wisata Cipatujah ini dirawat dengan baik, ditata lebih baik lagi agar tidak terkean kumuh dan kotor,  tentunya Cipatujah akan lebih memilki nilai jual bagi wisatawan.

Menurut Dani, saat berbincang-bincang dengan Onews di sebuah warung kopi, keadaan ini tentunyajuga tidak mencerminkan slogan wisata yang ada di sapta pesona, utamanya pada aspek kebersihan. Objek wisata yang tidak berorientasi pada sapta pesona tentunya akan berdampak pemasaran wisata terganggu karena tidak mungkin bisa memasarkan objek wisata yang kotor dan kumuh.

Pembangunan destinasi wisata ini, kata Dani, sebenarnya bisa dibangun melalui sinergitas lintas institusi, seperti Dinas Kelautan yang akan mengurus produksi ikan nelayan, kebersihan ada Dinas Lingkungan Hidup, pengelolaan kepariwisata ada Dinas Pariwisata dan seterusnya.

“Artinya, pemda harus bisa hadir dalam pengelolaan pantai Cipatujah yang tentunya lagi pada ujungnya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui usaha wisata, “ungkap Dani.(2/2)

Tidak hanya itu, tambahnya, selain hal di atas diperlukan juga upaya untuk menumbuhkan kesadaran kultural dalam membangun wisata, karena wisata yang memperhatikan kearifan lokal dan kultural serta tidak dinodai dengan perilku-perilaku yang tidak sesuai dengan norma tentunya akan menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

“Dan ini tentunya kembali lagi pada niat serta keinginan baik pemerintah daerah bagaimana dalam membangun daerahnya, salah satunya pembangunan sektor kepariwisataan, “ujar Dani. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 1906177914161808976

Posting Komentar

emo-but-icon

item