BUPATI PANGANDARAN AWALI SAFARI BUDAYA DI KECAMATAN MANGUNJAYA

PANGANDARANNEWS-Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata, mengawali safari budaya Pangandaran yang dilaksanakan di Kecamatan Mangunjaya, lokasi pertama kegiatan ini.(10/2)

Dengan didampingi Sekretaris Daerah, Kusdiana, anggota DPRD Pangandaran, beberapa kepala SKPD, Camat Mangunjaya, para kepala desa se-Kecamatan Mangunjaya dan undangan lainnya, bupati menyaksikan pagelaran budaya dengan mengusung tema Ngariksa Jagat Nguriling Nagri ka Tepis Wiring, yang digelar di Lapang Desa Mangunjaya, depan SMAN Mangunjaya.

Beberapa kesenian daerah, seperti Wayang Kulit, Pencak Silat, Ibing Jaipong Kreasi, Wayang Golek Dagelan, Kuda Lumping, Kolaborasi Musik Etnik, Rampak Kendang, Kacapi Jenaka, Ronggeng Amen dan beberapa hiburan seni budaya lainnya yang dikemas apik berhasil menjadi sebuah pertunjukan yang enak ditonton.

Dalam sambutannya bupati sangat mengapresiasi kegiatan  safari budaya Pangandaran yang dilaksanakan tahun ini, karena dengan kegiatan ini tentunya bisa mempererat hubungan antara seniman, pemerhati budaya dan pemerintah. Karena seni budaya ini seyogianya harus diposisikan menjadi warisan para leluhur yang harus tetap ada lestari.

“Tak kalah penting juga jika seni budaya ini ke depannya bisa disuguhkan pada wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sehingga wisatawan pun akan  berkesan saat berwisata ke Pangandaran, “ungkapnya.

Terkait dengan tema Ngariksa Jagat Nguriling Nagri ka Tepis Wiring, kata bupati, ini berkaitan menuju menuju Pangandaran Hebat.

“Saya menghimbau kepada warga masyarakat yang hadir, harus bisa melestarikan seni budaya bahkan bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang, “imbuhnya.

Dikatakan bupati, dengan safari budaya yang akan digelar di tiap-tip kecamatan ini juga membuktikan keseriusan pemerintah untuk memperhatikan para pelaku budaya yang ada di tiap-tiap daerah, sehingga para seniman ini nantinya akan mempunyai ruang untuk berinovasi serta mampu mengembankan kreasi-kreasi berkeseniaannya.

Masih di tempatyang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran, Untung Saeful R, S.Sos, mengatakan, ini merupakan upaya untuk mendongkrak potensi budaya lokal
untuk meningkatkan sektor parawisata.

Dan dipilihnya Kecamatan Mangunjaya menjadi yang pertama safari budaya ini, lanjut Untung, karena Mangunjaya merupakan wilayah paling ujung yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ciamis dan Cilacap Jawa Tengah.

“Dan nantinya kegiatan serupa akan dilaksanakan bergantian di kecamatan lainnya, “ucapnya. (TONI).

Related

budaya 5417706074450315305

Posting Komentar

emo-but-icon

item