BANYAK DIKUNJUNGI PEJABAT PUSAT, KONDISI JALAN DESA MANDALAMEKAR MASIH RUSAK

TASIKNEWS-Nama Desa Mandalamekar Kecamatan Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya lama menjadi perbincangan di tingkat nasional, sehingga pamor Mandalamekar pun semakin dikenal publik luas seiring menjulangnya nama Bumdes Pancamandala. Dan kini  Desa Mandalamekar pun banyak dikunjungi para pejabat  penting baik dari provinsi maupun pemerintah pusat.

Seperti belum lama ini, untuk yang kedua kalinya Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dan Kominfo berkunjung ke desa tersebut dalam sebuah acara yang digagas Pancamandala.

Namun ironisnya, kendati sering dikunjungi pejabat pusat,  tapi sampai saat ini jalan kabupaten yang menghubungkan antara Kecamatan Salopa dan Cikatomas, kondisinya masih tetap sama seperti dulu, sangat memprihatinkan.

Kaur Perencanaan Desa Mandalamekar, Roni Jatnika, membenarkan, jalan tersebut sangat vital keberadaannya, disamping berfungsi untuk menghubungkan komunikasi dan koordinasi antar desa juga  menjadi jalur perekonomian warga.

"Apalagi saat musim hujan sekarang, selain rusak karena banyak aspal yang mengelupas membuat  jalan licin karena bercampur tanah merah, terutama di daerah Cilingga," ujarnya.(12/2)

Roni mengatakan, salah satu penyebab kerusakan jalan di daerahnya tersebut karena tidak adanya drainase dan volume muatan kendaraan yang melintasi jalan itu melebihi tonase.

"Jalan ini merupakan jalan pertanian dimana banyak truk pengangkut kayu yang membawa muatan kadang melebihi tonase dan tidak adanya drainase", ungkapnya di desa beberapa waktu lalu.

Saatdihubungi lewat telepon celullernya, Sekretaris des Mandalamekar, Priat Sukmana, juga membenarkan, infrastruktur jalan yang rusak sepanjang 3 iilo meter, dimulai dari perbatasan Desa Kersagalih.

“Padahal setiap tahunnya perbaikan jalan itu masuk ke Musrenbang, “ujar Priat.

Tahun 2000 lalu, kata Priat, jalan itu pernah dihotmiks sepanjang 1 km mulai dari batas Desa Kersagalih sampai ke cilingga, tapi kini kondisinya sudah rusak dan sangat memprihatinkan karena hanya menyisakan sisa aspal yang sudah terkelupas. Padahal setiap ada kunjungan pejabat ke Desa Mandalamekar, sebelumnya jalan tersebut selalu menjadi bahasan di desa an dari dahulu saat kunjungan pejabat ke Desa Mandalamekar sarana infrastruktur jalan yang rusak sering diselipkan dalam setiap pidato kepala desa.

“Dan saat Kemendes PDTT beberapa waktu lalu kesini, Pa menteri juga melalui jalan itu, “kata Priat. (RUSDIANTO)

Related

TASIK NEWS 345600442186957288

Posting Komentar

emo-but-icon

item