45 APARATUR DESA SE-KECAMATAN CIPATUJAH IKUTI BIMTEK SISKEUDES

TASIKNEWS-Beberapa hari lalu sebanyak 45 perangkat desa, diantaranya, sekretaris desa, kaur keuangan, staf pelaksana dari 15 pemerintah desa Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya, mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) terkait penyelenggaraan Sistem Keuangan Desa (Sikeudes) berbasis aplikasi teknologi informatika, di sebuah hotel di Pantai Batukaras Kabupaten Pangandaran.(17/1)

Dalam bimtek juga digelar review Siskeudes 2019 sekaligus launching Siskeudes 2020 untuk perencanaan administrasi tahun depan serta pemberian materi terkait pengelolaan admininistrasi keuangan desa yang diberikan sejumlah narasumber yang  berkompeten di bidang penyelanggaraan keuangan desa, seperti satuan tugas Siskeudes Pemkab Tasikmalaya, Camat Cipatujah, Kasi PMD dan Kasi pemerintahan Kecamatan Cipatujah.

Menurut Ketua Penyelanggara, Dedi Rohmatandi dalam laporannya menyampaikan, bimtek ini merupakan implementasi dari Peraturan Bupati nomer 02 Tahun 2018, tentang Pengelolaan Sistem Keuangan Desa, yang bertujuan dan target penyelenggaraannya untuk meningkatkan kualitas perangkat desa dalam melaksanakan administrasi keuangan desa terutama dalam bidang sistem aplikasi berbasis IT.

"Peserta bimtek merupakan perangkat yang sehari-harinya berhubungan langsung dengan sistem pengelolaan administrasi keuangan desa, seperti sekdes, kaur keuangan dan staf pelaksana, “jelas Dedi.

Sementara Camat Cipatujah, Darya S.Ip, di hadapan seluruh peserta bimtek, menyampaikan, pengelolaan administrasi keuangan berbasis IT sengaja dilaksanakan untuk memberikan pemahaman dan peningkatan kapasitas dan kemampuan perangkat desa dalam pengelolaan dan sistim pelaporan administrasi keuangan desa.

Darya berharap, hasil dari kegiatan ini dapat diimplementasikan oleh perangkat desa yang memiliki tanggung jawab mengelola keuangan di desa.

"Kami juga berharap seluruh peserta dapat mengambil manfaat dari kegiatan ini untuk bekal kerja di desanya masing-masing. "kata Darya. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 7614993454061205916

Posting Komentar

emo-but-icon

item