PROGRAM WIFI GRATIS DI DESA CIKUPA UNTUK MENUJU DESA DIGITAL

TASIKNEWS-Serah terima program wifi gratis dari kominfo hasil kerjasama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), merupakan salah satu program Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, terkait pembangunan literasi digital 4.0, dengan cara memberikan fasilitas dan akses kemudahan kepada warganya untuk berselancar di dunia maya atau internet.

Melalui jaringan wireless fidelity (WiFi) gratis, masyarakat secara bebas bisa mengakses informasi internet sesuai kebutuhan.

Demikian disampaikan Pandu Desa Cikupa, Iman, pada acara serah-terima wifi gratis dari kominfo ke pemerintahan desa.(5/11)

Menurut Iman, Desa Cikupa sendiri termasuk 4 dari 351 desa di Kabupaten Tasikmalaya yang mendapatkan program wifi gratis dari pemerintah.

“Jadi selain di Cikupa,  wifi gratis dari kominfo ada di Desa Cipaingeun, Kawungsari dan Desa Singasari, “terangnya.

Lebih jauh Iman menuturkan, Pemkab Tasikmalaya melalui Dinas Kominfo telah melakukan pemasangan jaringan wifi di Desa Cikupa, dan program ini hasil kerja sama antara BAKTI, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dengan tujuan untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya tidak memiliki konektivitas sama sekali agar masyarakat yang ada di pelosok desa pun bisa melek internet  sehingga nantinya bisa tercipta desa digital.

“Atas nama masyarakat, saya ucapkan terimakasih kepada BAKTI, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, BP2DK,  Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfi Tasikmalaya serta rekanan yang telah melaksanakan pemasangan wifi di desa kami,”kata Iman.

Tujuan dari pemasangan wifi gratis ini, kata Iman lagi, untuk memudahkan masyarakat khususnya anak sekolah dalam mengakses data dan guru dalam mencari materi bahan ajar, sehingga siswa pun nantinya bisa benar-benar menggunakan internet secara bijak sesuai dengan kebutuhan.

Dengan hadirnya wifi gratis ini, lanjut Iman, roda perekonomian di wilayahnya bisa meningkat, karena ke depan akan semakin terbuka ekspose potensi-potensi yang ada di desa. Seperti penjualan melalui online meningkat dan menjadi media konten kreatif bagi kreator anak muda dimasa yang akan mendatang.

“jika dipergunakan dengan baik, internet itu bisa membuka jendela dunia untuk meningkatnya roda perekonomian,”pungkas Iman. (ANWARWALUYO)

Related

TASIK NEWS 9051642436907824602

Posting Komentar

emo-but-icon

item