PADA SEMINAR NASIONAL II, IRRDA TASIKMLAYA KOMITMEN TINGKATAKAN LAYANAN KESEHATAN DI PELOSOK

TASIKNEWS-Asosiasi Dokter Indonesia cabang Tasikmalaya, beberapa hari lalu, menggelar Seminar Nasional II Indonesian Rusel and Remot Docters Asocciation (IRRDA), dengan mengambil tema, Kolaborasi, yang dilaksanakan di Bollroom Lantai 2 Hotel Santika jln. Yuda Negara Tasikmalaya. (9/11).

Dalam seminar yang turut dimeriahkan dengan penampilan unik Seni Musik Tradisional Angklung dari ibu-ibu Ikatan Dokter Indonesia (IIDI) cabang Tasikmalaya dan paduan suara mars IRRDA, dalam sambutan pembukaannya, Ketua panitia dalam Seminar Ilmiah Tahunan ke.II Cabang Tasikmalaya, dr. Faisal Suparyanto, MSI, yang juga PLT Kadis Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, menyampaikan, pokok bahasan dalam seminar Ilmiah ini, terkait layanan primer kesehatan Indonesia baik dari teknologi keilmuan kesehatan, peningkatan infrastruktur kesehatan, disiplin dan tanggung jawab petugas kesehatan yang dalam hal ini adalah para Dokter dengan segala kewajibannya.

Menurut dr Faisal, di Indonesia pelayan kesehatan untuk masyarakat masih belum memenuhi keadilan, selain wilayah geografis yang masih jadi kendala  mental petugas medis pun masih rendah.

“30 % dari jumlah dokter di Indonesia masih enggan ditempatkan di kampung-kampung dan di daerah terpencil, padahal masyarakat di pelososk pun  memiliki hak yang sama untuk menerima  pelayanan kesehatan yang adil, “ungkap Faisal.

Kini IRRDA berkomitmen dan mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan di dunia sekalipun akan meningkatkan fashion, komitmen, perhatian dan aksi nyata dalam mendukung pelayanan kesehatan, mendukung layanan primer khusunya daerah terpencil di Indonesia, sehingga dalam seminar IRRDA  kali ini pun sengaja mengambil tema "kolaborasi."

"Pada era JKN sekarang masyarakat Indonesia sudah sama membayar iuran BPJS, maka dalam pelayan kesehatan pun harus memenuhi keadilan di bidang pelayanan kesehatan yang sama pula."imbuhnya.

Faisal mengtakan, dalam peningkatan pelayanan kesehatan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, melalui Dinas Kesehatan saat ini akan membangun beberapa rumah sakit di 9 wilayah, diataranya di wilayah Tasikmalaya Selatan, seperti Kecamatan Karangnunggal, Cikatomas, dan Cipatujah.

“Selain pembangunan 9 rumahsakit, akan dilakukan juga sertipikasi klinik bahkan biaya pendamping kesehatan juga akan ditingkatkan guna progres peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat." pungkasnya. (ANWARWALUYO-JAJANG)

Related

TASIK NEWS 440170186893295186

Posting Komentar

emo-but-icon

item