KAMPUNG KB BISA MENJADI INDIKATOR KESEJAHTERAAN RAKYAT PEDESAAN

TASIKNEWS-Rakor kelompok kerja (Pokja) melalui tahapan penguatan Kampung KB di tingkat kecamatan dengan menghadirkan beberapa pokja dari 14 desa se-Kecamatan Krangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, yang dilaksanakan di aula kecamatan, dipimpin langsung Camat Karngnunggal, Asep M Dahliana, STP., MM, serta didampingi muspika lainnya, yang diantaranya Danramil Mayor Inf. Kurniadi dan perwakilan dari kepolisian sektor Karangnunggal, bertujuan untuk mendukung penuh kegiatan pembinaan dan penguatan Kampung KB.

Di depan peserta rakor, Asep mengatakan, saat ini masyarakat harus berpatokan pada Undang-undang nomer 16 tahun 2019, tentang batas usia perkawinan, yang ditetapkan mulai usia 19 tahun.

“Jika belum mencapai usia tersebut, maka perkawinannya harus ada lampiran rekomendasi dari pihak Kemenag,”terang Asep.(11/11)

Sementara menurut Kepala Seksi Jaminan Kesehatan Reproduksi dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Tasikmalaya, R Riska Dewi, Am. Keb., SKM, yang turut hadir dalam acara itu, menuturkan, dalam penguatan Kampung KB itu dilakukan secara bertahap dan sistimatis dengan membentuk  Pokja di tiap Desa yang sudah dimulai sejak tahun2016 sebanyak 35 Kampung KB (KKB) sebagai percontohan, hingga tahun 2018 lalu telah tercapai 383 KKB di Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk Kecamatan Karangnunggal sendiri, kata Riska, dari 14 desa semuanya sudah terbentuk, bahkan menjadi 17 KKB pasalnya ada 3 Desa yang mempunyai 2 KKB, seperti di Desa Ciawi, Sarimukti dan Cibatu.

“Ada beberapa kriteria yang menjadi acuannya KKB, antara lain tingkat pendidikan, ekonomi, dan cakupan KB nya yang masih rendah, ”ujar Riska.

Disoal alokasi anggaran yang dipergunakan dalam program ini, Riska menerangkan, seluruhnya sudah disediakan pihak BKKBN melui APBN, APBD/DAK.

“Dan untuk lebih mengoptimalkan program KKB ini  pihak pemdes juga mengalokasikan anggaran yang berasal dari Dana Desa, “kata Riska lagi.

Hal senda dikatakan koordinator Kecamatan, Ade Siti Nursinah, S, Sos, dengan dibentuknya Pokja tiap desa bisa on progres hingga akan tercapai kesejahtraan bagi rakyat, bahkan berharap pula semua bisa berproses agar keberhasilannya lebih cepat. (ANWARWALUYO-UDIRUSTANDI)

Related

TASIK NEWS 8594308761203055179

Posting Komentar

emo-but-icon

item