AKIBAT KEKERINGAN, WARGA DUSUN MEKARJAYA KESULITAN AIR BERSIH

CIMERAK-Dampak musim kemarau panjang tahun ini benar-benar sangat dirasakan di beberapa daerah, karena bukan hanya sawah-sawah saja yang mengalami kekeringan, juga kesulitan air bersih terjadi hampir di semua wilayah.

Salah satunya di Dusun Mekarjaya Desa Sindangsari  Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran, wilayah yangberbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya. Tampak sawah-sawah ,ilik warga mengalami kekeringan dengan tanahnya terbelah. Begitu juga dengan petani gula kelapa, sudah lama sadapan dari pohon kelapa tidak subur karena tidak banyak mengeluarkan air nira.

Tidak hanya itu, warga pun semakin kesulitan mencari air bersih baik untuk dikonsumsi atau pun sekedar mandi-cuci, karena sumur-sumur di dalam rumah sudah lama mengering. Bahkan air yang ada di bak-bak di mesjid pun sudah lama tidak berisi air.

Masyarakat Desa Mekarjaya yang mayoritas bermatapencaharian menjadi petani, benar-benar sangat merasakan buruknya dampak kekeringan ini.

Menurut salah seorang warga, beruntung masih ada beberapa sumur seperti yang ada di mesjid dan SMPN 3 Cimerak sehingga warga pun sedikit merasa terbantu walau harus mengantri karena banyaknya masyarakat yang datang.

“Di kedua tempat itu airnya pun tidak keluar banyak, “jelasnya.

Ia mengatakan, sayang hingga saat ini belum ada bantuan air besih dari pemerintah, baik bantuan air bersih angsung atau pun alat berupa sumur bor.

“Mudah-mudahan saja Pemkab Pangandaran bisa memberikan perhatian untuk segera memberikan bantuan air bersih secepatnya, “imbuhnya. (RASIMUN)

Related

berita 2396898715630099258

Posting Komentar

emo-but-icon

item