TRADISI PAWAI JAMPANA MERIAHKAN HUT KABUPATEN TASIK KE 387

TASIK NEWS-Untuk ikut memeriahkan acara penutupan Tasikmotekar Hari Ulang tahun (HUT) Kabupaten Tasikmalaya ke 387, beberapa waktu lalu warga desa nampak disibukan dengan berbagai persiapan untuk ikut memeriahkan pawai jampana keggiatan tahunan ini.

Jampana yang nantinya akan ditandu itu, biasanya dihiasi dengan berbagai hasil bumi dan hasil pertanian, aneka tumpeng serta makanan lainnya dan kerajinan yang melambangkan kesejahtaraan masyarakat.

Menurut salah seorang panitia, Nono Kurniawan, jampana  merupakan miniatur lambang daerah dengan segala potensinya.

“Makanan yang menghias jampanan tersebut di akhir acara biasanya akan jadi rebutan masyarakat untuk dimakan bersama-sama para peserta pawai lainnya, “ungkapnya.(28/7)

Ia menuturkan, biasanya dalam pawai
berkeliling jampana tersebut ditandu oleh empat orang dengan memakai pakaian adat serta hiasan lainnya dengan diirngi suara tabuhan bedug, angklung dan alat musik sunda lainnya,

Dan kegiatan pawai jampana ini, kata Nono, merupakan acara panutupan seluruh rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-387 Tasikmalaya yang nantinya akan mendapatkan penilaian siapa yang paling kreatif dan paling unik.

Kegiatan tradisi yang sudah turun menurun ini tentunya, kata Nono lagi, mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah dan rencananya ini akan jadi agenda kegiatan tahunan.

“Pawai jampanan ini ternyata disambut antusias masyarakat dari 351 desa di 39 kecamatan.”pungkasnya. (ANWAR W)


Related

TASIK NEWS 9048071423327004497

Posting Komentar

emo-but-icon

TOP NEWS

Ingin tahu lebih jauh WISATA CITUMANG, KLIK DISINI !!

Link Banner

media partner

Link Banner

Media Partner

Link Banner
item