PARAJI MA EMAH, HABISKAN SISA USIANYA UNTUK MENOLONG SESAMA

CIMERAK-Bagi masyarakat warga blok Ciwaluran Dusun Citelu Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran nama Ema Emah sudah tak asing lagi. Jam terbangnya sebagai Dukun bayi (paraji; sunda -red) sekaligus tukang pijat sudah malang melintang, tapi belakngan ini Ma Emah lebih terkenal sebagai tukang pijit. Pijitannya yang keras serta tepat sasaran urat-urat menjadikan setiap yang menggunakan jasanya sangat puas.

Wanita kelahiran tahun 1950 dari lima saudara dari suami istri Abah Abtari dan Ambu Sayi ini
perawakannya kurus karena sudah usia lanjut, tapi badan dan pikirannya masih sempurna dan sehat.

“Ema mulai belajar jadi dukun paraji sejak tahun 1968 dan mulai buka praktek sendiri sejak tahun 1995, “paparnya.

Kini di usianya yang sudah 69 tahun Ma Emah yang punya nama lengkap Karnamah ini masih tetap semangat menolong sesama, karena menurutnya, ia telah berniat menghabiskan sisa hidupnya untuk membantu orang selagi masih kuat dan sehat.

Kehidupannya yang sarat pengalaman hidup dimulai jaman orde lama, orde baru hingga jaman modern sekarang ini tetap ia jalani dengan kesederhanaa dan kesahajannya.

Ilmu Paraji dan ilmu pijit, kata Ma Emah, bukan turunan dari kedua orangtuanya tapi didapat dari seorang paraji bernama Ambu Sarni yang tekun membimbingnya sehingga Ma Emah benar-benar mahir dalam dua profesi ini.

Ma Emah sebenarnya kelahiran Sindang Girang Cipaku Ciamis, tapi karena sudah puluhan tahun tinggal di Citelu, tepatnya di Rt.02 Rw.02 Desa Mekarsari Kecamatan Cimerak, ia pun sudah seperti warga kelahiran Cimerak. Dari hasil perkawinannya dengan Abah Kodin yang sekarang setia menemaninya menempati rumah panggung sederhana, Ma Emah dikatunia seorang anak.

Sebenarnya jumlah dukun arajiyang ada di Desa Mekarsari ada 5 orang termasuk Ma Emah, tapi mungkin karena pelayanannya nama Ma Emah lebih terkenal dibandingkan yang lain.

“Saya kadang-kadang diajak bidan desa untuk mengikuti kegiatan di kantor kecamatan, “ungkapnya.
(RASIMUN)

Related

berita 6718908071326271059

Posting Komentar

emo-but-icon

item