TANGANI GAGAL PANEN PETANI SINDANGJAYA, BP3K AKAN USULKAN DANA STIMULAN

MANGUNJAYA-Para petani di Desa Sindangjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran tahun ini terancam gagal panen, pasalnya diperkirakan musim kemarau masih panjang sehingga dikhawatirkan tanaman padi yang ditanam di sekitar 700 hektar sawah pun akan mengalami kekeringan.

Untuk mencari solusinya, para petani yang tergabung dalam kelompok tani Desa Sindangjaya pun langsung menggelar musyawarah yang dihadiri pemerintahan desa, LPM, Kordinator wilayah PU, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Kecamatan (BP3K) dan 11 kelompok petani, yang digelar di aula desa.(26/6)

Dalam musyawarah tersebut para petani mendesak agar pihak desa untuk segera mencari jalan keluarnya sehingga kekhawatiran gagal panen pun bisa segera teratasi.

Sementara Kepala BP3K Mangunjaya, Cepi, di depan peserta musyawarah, menyampaikan, saat ini yang dibutuhkan petani solusi jangka pendek untuk menyelamatkan tanaman padi yang terancam gagal panen dengan cara memanfaatkan sisa air yang ada di bendungan Cikaso.

“Dan untuk biaya operasionalnya saya akan mengajukan dana stimulan jangka pendek, “kata Cepi.

Sementara untuk jangka panjangnya, kata Cepi, Pemkab Pangandaran berencana akan membuat sodetan di bendungan tersebut untuk mengairi seluruh sawah yang ada di Desa Sindangjaya.

“Dengan solusi jangka pendek ini diharapkan para petani tahun ini tetap bisa menikmati hasil panennya. “kata Cepi lagi. (Tn)

Related

berita 6067291865621973132

Posting Komentar

emo-but-icon

item