3 HARI JELANG LEBARAN BELUM TERJADI LONJAKAN PEMBELI DI PASAR PANANJUNG

PANGANDARAN- hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, masih belum terlihat lonjakan pembeli di Pasar Pananjung Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran, hanya memang pembeli yang datang ke pasar tradisional ini sedikit ada peningkatan di banding hari-hari biasa.

“Tidak ada lonjakan signifikan, padahal ini hari minus 3 menjelang lebaran, “kata pemilik toko kelontong, Rusman.(1/5)

Rusman menilai ini terjadi mungkin akibat daya beli masyarakat yang menurun sehingga berbelanja pun tidak menjadi perioritas utama, kecuali untuk belanja kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari.

Hal ini dibenarkan juga oleh seorang pedagang sepatu, Jaja (52) dan rekannya pemilik toko pakaian jadi, menurut mereka, kepadatan pembeli biasa sudah nampak satu minggu sebelum hari raya. Tapi hingga H minus tiga pembeli yang datang ke pasar hanya ada sedikit lonjakan dibanding hari biasa.
“Mungkin sekarang masyarakat cenderung lebih memilih belanja on line daripada harus berdesak-desakan ke pasar, “ungkapnya.

Sementara hasil pantauan PNews, memang tidak terjadi kepadatan baik di dalam pasar atau pun di toko-toko bagian depan pasar. Yang biasanya untuk melangkah saja sulit karena akibat pembeli yang berjejal hampir di semua jenis dagangan, sekarang nampak biasa-biasa saja. Di blok kios pakaian, sepatu, sayuran, ikan dan dagangan lainnya, sekarang tidak tampak terjadi kerumunan pembeli.

Hal serupa juga terjadi di terminal yang nampak lenggang layaknya hari-hari biasa, tidak ada pemandangan kesibukan kendaraan menaikan atau menurunkan penumpang di terminal yang kini sudah menjadi pengelolaan Pemprov Jabar ini.

Menurut salah seorang petugas dishub, beberapa perusahaan bis pun bukannya menambah armada untuk angkutan lebaran, tapi malah sebaliknya dikurangi.

“Untuk jenis bis mikro, seperti PO budiman dan Sonny sekarang tinggal 50 persen saja yang beropersi, “terangnya. (PNews)


Related

berita 1254999567544874330

Posting Komentar

emo-but-icon

item