WALAU USIA LANJUT ANGGOTA LVRI CIGUGUR MASIH TETAP EKSIS PENUH SEMANGAT

CIGUGUR - Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) merupakan organisasi para pejuang, sesuai yang diamanatkanUndang-Undang No. 15 Tahun 2012, Negara perlu memberikan penghargaan kepada mereka yang telah menyumbangkan tenaganya secara aktif atas dasar sukarela dalam ikatan kesatuan bersenjata baik resmi maupun kelaskaran dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mereka yang tergabung aktif dalam penugasan dibawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa. Dalam Undang-undang disebutkan bahwa Veteran Republik Indonesia adalah warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela Kemerdekaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia menghadapi negara lain yang timbul pada masa yang akan datang, dan juga mereka yang ikut dalam masa revolusi fisik antara 17 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949.

Pada pasal 18 ayat 3, semua Veteran Republik Indonesia secara otomastis menjadi anggota Legiun Veteran Republik Indonesia, yang merupakan satu-satunya organisasi massa Veteran di Indonesia.
Demikian disampaikan Ketua LVRI Ranting Kecamatan Cigugur, H. Kartobi, kepada PNews di rumahnya.

“Sampai saat ini anggota veteran di ranting Cigugur ada sekitar 90 orang anggota yang masih tetap aktip, awalnya ada 100 namun beberapa anggota sudah meninggal. “terangnya. (29/3)

Kartobi mengatakan, selama ini anggota LVRI di wilayahnya selalu aktip hampir di seluruh kegiatan yang ada di masyarakat terutama ikut membangun infrastriktur baik jalan desa, rehab kantor koramil dan tetap eksis pada kegiatan lainnya walau rata-rata umur mereka di atas 60 tahun.

LVRI ranting Cigugur juga, ujar Kartobi, rutin melaksanakan piket di Koramil serta membantu TNI aktif menjaga keamanan di wilayah kecamatan Cigugur bersama Pemuda Panca Marga yang merupakan  anak-anak dari anggota veteran.

“Dan pada setiap tanggal 17, seluruah anggota LVRI ranting Cigugur selalu mengikuti apel kesadaran. “ungkap Kartobi. (AGE)

Related

berita 2928884201365308119

Posting Komentar

emo-but-icon

item