PESONA WISATA CIMEDANG DENGAN SENSASI MEMANCING IKAN BLACK BUSH

TASIK NEWS-Sungai Cimedang di wilayah Desa Margaluyu Kecamatan Pancatengah Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi menjadi destinasi wisata baru yang menjanjikan. Hal itu diungkapkan TA P3MD Provinsi Jawa Barat, A Abdurozak, S.Ag, saat menyusuri sungai yang mempunyai luas 200 meter (4/09).

Menurut A Ozak, sapaan akrabnya, pihaknya sengaja menyisir muara sungai bersama TA P3MD Pemkab Tasikmalaya dari hilir sampai hulu bersama Para Pendamping Desa PLD, Sekdes dan pengurus BUMDes Margaluyu.

 “Saya sangat takjub melihat potensi sungai Cimedang dengan pemandangan alam dan sumber daya alam yang sangat kaya ini dengan dijadikan wisata pemancingan,” ujarnya.

Ozak mengatakan, Sungai Cimedang bisa menjadi destinasi wisata baru di Kecamatan pancatengah khususnya Desa Margaluyu. Karena ini bisa men¬jadi surga bagi para pecinta mancing untuk menambah pengalaman.

“Dan yang paling istimewa,  di sungai ini masih terdapat ikan black bush yang menjadi incaran bagi pemancing mania. “imbuhnya.

Sementara menurut Sekdes Margaluyu dan Direktur Bumdes Margaluyu, pihaknya bersama masyarakat selalu mengimbau para pemancing untuk melepaskan kembali ikan black bush dan mangrove jack yang berhasil mereka tangkap.

“Kalau ada yang dapat ikan tersebut 100 persen harus dilepaskan lagi supaya bisa lestari,” tegasnya.

Memang untuk potensi pemancingan, katanya lagi,  sangat layak sekali dengan masih banyaknya ikan-ikan yang menjadi sasaran pemancing mania. Bahkan untuk ikan jenis black bush di Sungai Cimedang masih ditemukan dengan berat mencapai 10 kilogram.

Dalam upaya melestariakan black bush, katanya, agar tidak bisa diambil begitu saja oleh para pemancing. Ini agar ikan yang terkenal dengan tarikan sangat kuat tersebut bisa tetap lestari dan terus berkembang biak.

“Jadi peraturannya bisa dipancing tapi harus dilepaskan,”pungkasnya. (ANWAR W)

Related

TASIK NEWS 6265505566716182262

Posting Komentar

emo-but-icon

item