TERBUKTI, SEKTOR PARIWISATA MAMPU MENDONGKRAK PEREKONOMIAN RAKYAT

PANGANDARAN-Tidak dipungkiri, dampak pariwisata pada perekonomian masyarakat Pangandaran memang sangat dirasakan sekali. Dari pengusaha besar pemilik hotel dan restoran hingga pedagang kecil asongan, atau dorongan roda pedagang makanan, semuanya merasakan langsung efek kunjungan wisatawan yang datang ke Pangandaran.

Seperti diceritakan pedagang kupat tahu, soto dan lengko, Yeni, yang sehari-hari berjualan di pasar Pananjung selama 10 tahun.

“Jika sabtu-minggu atau HARI libur saya berjualan di pantai barat sekitar taman boulevard sebelah kanan jalan arah ke Pamugaran. “terangnya.(30/3)

Menurut Yeni, lengko yang dijajakannya bukan sembarang lengko tetapi lengko sapi khas Pangandaran, karena baru ia yang membuat menu lengko dengan cita rasa khas ini. Jika yang lain ada lengko ayam dan lengko babat, maka saya lengko sapi dengan cirri khas dominan rasa dan berkuah daging sapi.

“Banyak sekali wisatawan yang jadi langganan saya, kalau mereka ke Pangandaran pasti nyempatin mampir kesini. “jelas Yeni.

Yeni juga mengatakan, ia sangat merasakan sekali dampak dari sektor pariwisata bisa menjadi andalan usaha untuk menghidupi keluarga.

Bahkan, lanjutnya, dunia pariwisata bisa dijadikan andalan serta mampu mendongkrak perekonomian rakyat. Karena terbukti, mayoritas masyarakat yang tinggal di sekitar daerah kunjungan wisata, baik jadi pelaku wisata langsung atau tidak banyak menggantungkan usahanya dari wisata.

Dakui Yeni, dengan kebijakan pemkab Pangandaran dalam penataan wisata terbukti efektif bisa mengkatrol jumlah kunjungan wisatawan.

“Nah semakin banyak wisatawan yang datang, sudah tentu semakin banyak uang yang dibawa ke Pangandaran. “pungkasnya. (HARIS F)

Related

Wisata 1584682250481844445

Posting Komentar

emo-but-icon

item