PEMINDAHAN PEDAGANG PANTAI DIRESPON POSITIF WISATAWAN

PANGANDARAN-Pemerintah Daerah Kabupaten Pangandaran terus melakukan penataan sektor pariwisata dengan harapan jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat. Dengan menyulap kawasan sepanjang pantai yang dulunya ditempati sejumlah pedagang pun kini kembali pada fungsinya, menjadi tempat-tempat strategis untuk aktifitas para wisatawan menikmati pemandangan alam laut yang terbentang dengan tiupan angin khas pantai.

Jika dulu untuk memandang laut atau melihat keindahan sunset para turis harus menyelinap dulu di sela-sela pedagang yang berjejer di pinggir pantai, kini tidak lagi. Karena dengan berdiri di teras hotel atau di atas kendaraan yang sedang melaju pun, pandangan mata wisatawan pun kini sudah dapat termanjakan untuk sepuasnya melihat panorama laut bebas di depan mata.

“Pangandaran sekarang benar-benar sudah beda dibanding terakhir kunjungan saya kesini saat libur Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. “ungkap salah seorang wisatawan asal Beji Depok, Ahdi.(24/2)

Di saat lain untuk memenuhi kebutuhan belanjanya, seperti membeli oleh-oleh atau sekedar membeli makanan ringan, menurut Ahdi, ia pun mengaku setuju dengan keberadaan pedagang yang dipusatkan di titik-titik yang tidak menghalangi langsung ke arah pantai.

Sementara di setiap kesempatan Bupati Pangandaran, H. Ieje Wiradinata, sering menyampaikan, pemindahan atau relokasi para pedagang ke pusat-pusat belanja ini dimaksudkan untuk menata area wisata di sepanjang pantai yang selama ini terkesan kumuh, kotor dan semerawut menjadi sebuah kawasan asri tempat wisatawan bercengkrama menikmati panorama alam laut tanpa terhalangi apa pun.

Dikatakan Jeje, jika dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan ke Pangandaran terus meningkat, maka yang akan diuntungkan dari dampak tersebut tentunya masyarakat, baik sebagai pelaku langsung atau pun tak langsung di sektor usaha wisata.

Karena, lanjut Jeje, sektor pariwisata selain berdampak positif pada dunia usaha, ia pun dapat membuka banyak lapangan kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran yang tentu saja berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Sektor wisata pun, lanjutnya lagi, akan memberikan kesempatan bagi para pengusaha kecil untuk bergerak di bidang usaha wisata, antara lain, menjual oleh-oleh, makanan dan minuman atau usaha lainnya untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

“Dan itu bisa dilakukan siapa saja karena tidak memerlukan keterampilan khusus. “kata Jeje.

Pada kesempatan lain Jeje juga mengatakan, banyak respon postif disampaikan pengunjung dengan pemindahan pedagang ke tempat baru, dan itu dibuktikan juga dengan semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan pada setiap akhir pekan.

Diakui Jeje, pemda sekarang sedang berusaha mencari solusi agar pusat jualan baru yang sekarang ditempati para pedagang tidak mengalami stagnasi terlalu lama. Berbagai upaya pun terus dilakukan, seperti memindahkan tempat parkir kendaraan ke area yang ada di sekitar gedung pusat pedagang.

Disoal keadaan para pedagang itu sendiri, menurut Jeje, pihaknya akan terus menyelesaikan persoalan-persoalan yang sekarang jadi keluhan pedagang. Pada prinsipnya pemerintah tentunya tidak akan menelantarkan pedagang yang nota bene masyarakat Pangandaran.

“Tapi itu kan perlu proses tidak semudah membalikan tangan, intinya, silahkan sampaikan  langsung ke pemerintah apabila ada keluhan. “tegas Jeje.(hiek PNews)

Related

Wisata 7608414103620811566

Posting Komentar

emo-but-icon

item