MENTERI KKP PANTAU LOKASI LONGSOR PANGANDARAN DARI UDARA SUSI PUJIASTUTI: “selain Penebangan Hutan, Sekarang Rumah dan Sawah Sudah Ada di Atas Bukit..”

PANGANDARAN-Hasil poto udara yang dilakukan Menteri Kelautan dan perikanan RI, Susi Pujiastuti, menunjukan adanya hutan yang gundul karena pohonya habis penebangan. Dan tentunya jika hutannya habis ditebang, maka area di bawahnya akan terendam saat air hujan turun dengan intensitas tinggi. Seharusnya di tas bukit itu ditanami tanaman keras bukan tanaman musiman.

“Saya pikir pola masyarakat bercocok tanam, nanti Pemkab Pangandaran yang memberikan pembinaan agar bukit-bukit itu ditanami pohon-pohon keras. “kata Susi.(11/10)

Saat di temui di kediamannya di jaklan Merdeka Pangandaran, Susi menyampaikan, bukan hanya karena pohon-pohonnya saja yang habis ditebang yang menyebabkan terjadinya banjir dan longsor minggu lalu, tapi ternyata sekarang rumah dan sawah-sawah masyarakat pun sekarang sudah sampai ke lereng-lereng dan puncak bukit.

Menurut Susi yang ia takutkan ini bukan kejadian yang terakhir, jika ada hujan deras, banjir dan longsor pun akan terjadi lagi, karena longsor minggu kemarin, menurutnya, hanya longsoran di kanan-kiri bukit.

“Titik-titik longsor pun saya lihat sudah tidak ada, tinggal tanah di bawahnya yang sewaktu-waktu bisa amblas. “tuturnya.

Susi juga mengatakan, ia melihat lobang-lobang pada tanah di atas bukit, menurut pengalamannya selama ini, mungkin saja beberapa hari kemudian bawahnya pun akan sama.

“Jadi saya pikir masyarakat harus waspada, nanti hasil poto dari titik kordinat hasil taking dari pesawat, nanti poto-poto itu akan dipublikasikanke masyarakat agar tetap waspada. “imbuhnya. (hiek)


Related

berita 6018008224386492135

Posting Komentar

emo-but-icon

item