Menyongsong Wisata Mendunia, PARIWISATA PANGANDARAN TERUS BERSOLEK

Add caption
PANGANDARAN-Untuk menjadi kabupaten wisata yang mendunia diperlukan penataan yang lebih baik, seperti penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang banyak tersebar di sepanjang pantai barat dan timur. Demikian dikatakan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata saat ditanya program pariwisata yang ada di Pangandaran.

Dikatakan Jeje, tahun ini seluruh PKL akan direlokasi ke tempat baru yang lebih representatif, strategis serta mudah dijangkau wisatawan.

“Pemerintah perlu mengeluarkan anggaran miliaran rupah padahal kedatangan mereka tidak diundang, tapi penataan itu tetap perlu dilakukan masalahnya kan pantai pangandaran terkesan anmpak kotor dan kumuh. “Kata Jeje.(24/4).

Jeje yang ditemui PNews di kawasan centra sea food di pantai barat pamugaran lebih jauh mengatakan, inilah salah satu dampak mengapa kunjungan turis mancanagara ke Pangandaran tiap tahun menurun drastis. Jadi, untuk menata kawasan wisata ini lebih bersih dan tertata rapih diperlukan kerja sama yang baik dari seluruh stakeholder.

“Pemerintah Daerah, HPI, PHRI, pe;aku wisata dan seluruh komponen baik yang langsung atau tidak bersinggungan dengan kepariwisataan harus punya satu komitmen untuk dunia pariwisata Pangandaran. “ungkap Jeje.

Selain akan dibangun relokasi PKL di empat titik, eks pasar seni, eks diskotik Meridian, eks Hotel Pananjung Sari (milik PJKA) dan kawasan milik Dinas Sosial Propinsi Jabar, menurut Jeje, tahun ini pun akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang akan menjadi etalase saat memasuki Pangandaran. Dari kawasan Puskesmas Pangandaran hingga lapang olahraga Merdeka, nantinya akan disulap menjadi kawasan taman hijau yang akan menjadi kawasan penyangga wisata Pangandaran dan sekaligus sebagai fasilitas umum yang bisa dinikmati seluruh masyarakat.

“Untuk pembangunan RTH tersebut, Pemkab Pangandaran sudah menyediakan anggaran sekitar Rp 15 milyar pada APBD 2017 ini. “terang Jeje.

Dan untuk penataan ini, lanjut Jeje, pihaknya tidak akan mentolelir apabila ada baik secara perorangan atau kelompok yang akan menghampat program yang sudah dicanangkan sesuai misi dan visi Pemerintah Daerah. Karena pariwisata nantinya bisa menjadi urat nadi perekonomian warga Pangandaran.

“Semua ini tentunya akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Pangandaran. “tegas Jeje. (Anton AS).

Related

Wisata 5808435621014519698

Posting Komentar

emo-but-icon

item