JIKA TIDAK SEGERA DITANGGULANGI, TANGGUL JEBOL DI SUKANEGARA BISA TENGGELAMKAN 5 DUSUN

PADAHERANG – Curah hujan tinggi beberapa hari yang lalu di Kabupaten Pangandaran menyebabkan tanggul Sungai Citanduy yang terletak di Desa Sukanagara Kecamatan Padaherang Ambruk (30/1) dan hanya tersisa satu meter saja.

Mendengar hal tersebut, Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari pun langsung meninjau lokasi mengecek keadaan di lapangan untuk mengevaluasi dan antisipasi langkah apa yang harus segera dilakukan.

Wabup mengaku, ia merasa miris dan khawatir setelah melihat langsung keadaan tanggul yang hampir habis terkikis aliran sungai Citanduy dan bila tidak dilakukan langkah-langakh penangulangan secara serius, ini akan berdampak buruk.

“Jika tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin dua dusun bahkan 5 dusun akan terendam banjir. “ ungkap Adang.(1/2).

Selain merendam pemukiman warga, lanjut Adang, akibat luapan air pun bisa menggenangi puluhan hektar lahan pertanian dan sawah masyarakat.

“Kita harus segera tangani ini, dan saya berharap masyarakat bisa bersabar karena kami pun akan langsung menangani masalah ini. “kata Adang pada masyarakat yang datang ke lokasi jebolnya tanggul.

sementara Kepala Desa Sukanagara, Tarso S,“menyatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan sementara pada tanggul yang jebol dengan memasang tumpukan karung pasir.

 “Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan sebelum nanti ada bantuan dari pemkab. “kata Tarso.

Ditambahkan Tarso,  beberapa hari ini ketika air semakin besar, tumpukan karung pasir pun kembali habis terseret arus dan tanggul pun kembali longsor sehingga hampir tidak lagi tersisa.

“Kami pun segera membuat tumpukan tanggul lagi pada badan jalan di samping tanggul yang jebol.”terangnya. (Anton AS-Toni  T).




Related

berita 7640166172063047549

Posting Komentar

emo-but-icon

item