JUS HONJE MINUMAN KHAS PANGANDARAN, TAMPIL DI BAZAR GURILAPS PON-PAPERNAS 2016

PARIGI-Masih dalam rangkaian PON XIX 2016, bertempat di lapang Parigi diadakan bazar “Gurilaps PON Pestival & Ekhibition PON PEPARNAS Jawa Barat 2016” yang dibuka langsung Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata didampingi Wkl Buapti, H. Adang Hadari, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, H. Ida Wiradinata-Hj. Endah Hadari, Sekda Mahmud,SH, MH dan pejabat di lingkup Pemkab Pangandaran.

Saat diminta kometarnya, kepada wartawan, Jeje mengatakan, acara bazar ini merupakan salah satu catur sukses penyelenggaraan PON XIX 2016, yakni sukses bidang ekonomi.

“Dalam bazar ini sengaja kita tampilkan produk-produk asli pangandaran agar bisa lebih dikenal luas masyarakat. “Ungkap Jeje.(23/9).

Ada produk yang benar-benar bisa menjadi ciri khas Kabupaten Pangandaran, seperti jus honje dan gula berbahan dasar buah dahon (pohon sejenis kiray yang biasa tumbuh di pingggir sungai). Menurut Jeje, komoditi tersebut hanya diproduksi di pangandaran saja.

“Ini bisa kita jadikan produk unggulan dan ciri khas pangandaran. “Imbuh Jeje.

Lebih jauh Jeje mengatakan, sebagai daerah wisata ini akan maju apabila ada tiga hal. Pertama alam yang indah, seninya yang bagus dan ketiga oleh-olehnya yang menarik, baik itu jenis kuliner atau handycraft.

Dalam acara bazar yang akan digelar selama 3 hari ini (23, 24 dan 25 september) ini, menurut Jeje, diharapkan bisa menggali potensi yang ada di masayarakat agar bisa lebih dikembang dalam bentuk UMKM.

“Sekarang saya sedang fokus dulu pada jus honje, karena minuman ini tidak ada di daerah lain dan nantinya oleh PKK akan dibawa ke Unpas di bandung untuk diteliti, ada kandungan apa minuman honje tersebut. “Terang Jeje.

Dan nantinya, lanjut Jeje lagi, pemerintah akan membantu urusan ijin, standar mutu, packing dan pemasarannya dengan cara disimpan di KUD Minasari untuk membantu menjualnya. “Kalau tidak laku, pemerintah yang akan membayar. “Tegas Jeje. (hiek)

Related

pon XIX 2748606181780835706

Posting Komentar

emo-but-icon

item