UNPAD BUKA PENDIDIKAN MULTI KAMPUS DI PANGANDARAN

PANGANDARAN-Salah satu upaya Universitas Padjadjaran (UNPAD) ikut meningkatkan pembangunan di Jawa Barat, khususnya Priangan Timur, Unpad membuka Pendidikan Multi Kampus di Kabupaten Pangandaran mulai tahun ini.

Demikian dikatakan Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad usai pertemuan dengan  Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata di hotel Menara Laut Pangandaran.
Dikatakan Tri, program studi yang dibuka  adalah jenjang Sarjana Administrasi Bisnis (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik), Peternakan (Fakultas Peternakan), Ilmu Komunikasi (Fakultas Ilmu Komunikasi), Keperawatan (Fakultas Keperawatan), dan Perikanan (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). “Studi yang dibuka adalah program yang memiliki relevansi kuat dengan kebutuhan Kabupaten Pangandaran. “Ungkap Tri.(29/7).

Tujuannya diselenggarakan program ini, lanjut Tri, diharapkan akan mendorong pengembangan wilayah, sebab diyakini dengan adanya perguruan tinggi di suatu tempat itu akan punya daya dongkrak untuk pembangunan wilayah tersebut.

Lebih jauh Tri mengatakan, Program studi yang dibuka di pangandaran merupakan prodi sudah ada di Unpad dan telah berakreditasi A dan lima program studi ini pun merupakan prodi yang memiliki peminat tinggi untuk SNMPTN dan SBMPTN. “Dengan adanya perguruan tinggi di suatu wilayah bukan hanya akan menciptakan SDM yang unggul, tetapi juga akan menghasilkan produk perguruan tinggi lain, seperti hasil riset, kehidupan ekonomi di wilayah tersebut akan cepat berkembang. “Lanjut Tri.

Tri pun menjelaskan, nantinya akan diberikan untuk 15 mahasiswa asal Pangandaran dengan harapan mereka dapat memiliki komitmen kuat untuk membangun daerah sendiri, sementara untuk mahasiswa yang diterima atas kompetisi nasional (bukan asal Pangandaran), tetap diharuskan untuk membayar UKT. “Untuk mahasiswa, kami pun akan menyediakan fasilitas asrama yang berada tidak jauh dari lokasi kampus. “Terang Tri.

Disampaikan Tri, perkuliahan akan dimulai pada 29 Agustus dengan lokasi kampus sementara di eks gedung SDN 3 Cikembulan, Kecamatan Sidamulih.

Nantinya yang  lolos seleksi diwajibkan melakukan registrasi ulang di Pangandaran tanggal 18 Agustus. “Dan pada 22 Agustus  peserta yang lolos seleksi akan diikutkan prosesi penerimaan mahasiswa baru di kampus Unpad Jatinangor.”Terangnya lagi.

Sementara untuk lokasi asrama mahasiswa, setelah melakukan pembicaraan dengan Gubernur Jabar, akan menempati Pondok Seni di pantai barat pangandaran. “Dosen pun sama tinggal disana.”Kata Tri.

Tri juga menerangkan, untuk setiap prodi yang dibuka, nantinya akan mengalokasikan 30 kursi, sehingga total akan ada 150 mahasiswa angkatan pertama Unpad Pangandaran. “Dari jumlah tersebut  kami perioritaskan 50 % masiswa asal pangandaran. “Terangnya lagi.

Menurut Tri, hasil pembicaraan dengan Bupati pangandaran, H. Jeje Wiradinata, sedang dibahas, program biasiswa yang bisa digulirkan melalui patungan Pemkab Pangandaran, Pemprov Jawa Barat dan CSR.

Meskipun rekrutmen mahasiswa Unpad Pangandaran dilaksanakan sebulan menjelang perkuliahan (September), Tri yakin peminatnya akan banyak. Pasalnya selama ini kelima prodi yang ada merupakan favorit dengan persaingan masuk yang ketat. (hiek)
Informasi lengkapl pendaftaran Unpad Pangandaran bisa diakses di sini: Pendaftaran Unpad Pangandaran

Related

Pendidikan 307404581586443815

Posting Komentar

emo-but-icon

item