PENATAAN KAWASAN WISATA PANGANDARAN, PEMDA AKAN BANGUN 890 KIOS UNTUK PEDAGANG KAKI LIMA

PANGANDARAN-Butuh kesungguhan dan dukungan dari semua pihak untuk bisa manata kawasan pariwisata pangandaran agar sektor pariwisata di Kabupaten Pangandaran benar-benar bisa terwujud seperti yang diinginkan bersama.

Demikian dikatakan Bupati Pangandaran, H. Jeje Wiradinata di depan para pelaku wisata, seperti para pedagang kaki lima, PHRI, Kompepar, nelayan, perahu pesiar, Tour Operator dan stakeholder lainnya. “Usai libur lebaran ini pemerintah terus melakukan evaluasi di bidang pariwisata. “Ungkap Jeje. (19/7).

Acara pertemuan yang bertempat di rumah Menteri KKP RI, Susi  Pujiastusi ini dihadiri juga unsur pemerintahan Pemkab Pangandaran dengan tujuan menyamakan kesepakatan tentang penataan kawasan wisata yang ada di Kecamatan Pangandaran. “Untuk penataan kawasan wisata ini pemda sudah menyediakan anggaran sebesara Rp. 40 milyar lebih. ”Terang Jeje.

Dikatakan Jeje, ke depan ia tidak ingin melihat lagi parkir yang semerawut dan masing-masing pihak mengutip retribusi parkir dari pengunjung. Menurut jeje, anggaran pengamanan wisata dari pemda sebesar Rp 700 juta seharusnya bisa juga menghilangkan parkir-parkir liar yang ada hampir di setiap sudut obyek wisata. “Retribusi parkir itu sudah dibayar pengunjung sekaligus dengan tiket wisata. “Kata Jeje lagi.

Dari hasil terjun ke lapangan, Jeje mendapati, betapa besar uang yang dikeluarkan wisatawan yang datang ke pangandaran hanya untuk biaya parkir saja.”Mau ke pasar ikan parkir, mau renang parkir, mau belanja oleh-oleh parkir, “Imbuh Jeje.

Dalam pertemuan itu juga Jeje memaparkan, Pemda Pangandaran akan membangun kios-kios yang nantinya akan menampung seluruh pedagang kaki lima yang sekarang ada di pantai.

Dengan anggaran yang dikucurkan APBD sekitar Rp.40 milyar, nantinya pemda akan membangun kios-kios di empat titik. Seperti di area aks Star meredian, Dinas Sosial, pasar seni dan eks Hotel Pananjung Sari yang akan disewa Dari PNKA. “Di 4 area tersebut akan dibangun 890 kios untuk para pedagang kaki lima. “Terang Jeje.

Jeje menegaskan, ke depan setelah dibangun kios-kios tersebut, nantinya tidak boleh ada yang berjualan lagi di area pantai. “Jika tidak mau, saya akan paksa dan jika masih bandel terpaksa saya akan gusur pakai bulldozer. “Tegas Jeje.

Untuk nekayan, Jeje pun sudah menyiapkan tempat menambatkan perahu di Dusun Parapat. “Dan untuk nelayan, kami akan bangun perumahan nelayan. “Sambung Jeje.

Sementara untuk perahu pesiar, Jeje berencana dengan Menteri KKP, Susi Pujiastuti untuk membuat dermaga khusus untuk perahu pesiar.

Akhirnya pertemuan pun diakhiri dengan pernyataan setuju dari semua pihak serta berjanji untuk ikut mendukung program kepariwisataan yang dicanangkan Pemkab Pangandaran. (hiek).

Related

Wisata 2816780836916517640

Posting Komentar

emo-but-icon

item