KEMBANGKAN POTENSI DIRI CIPTAKAN LAPANGAN KERJA, JAWIE TUKANG CUKUR PINGGIR JALAN

   
PANGANDARAN-Kehidupan Jawie, biasa orang memanggilnya, warga Rt 03/01 Desa kedungwuluh Kecamatan padaherang Kabupaten Pangandaran ini bisa jadi salah satu potret susahnya mencari pekerjaan di negeri ini. Namun dia tidak pernah menyerah dan terus berusaha. Hingga saat ini pun,  pemuda lulusan SMP ini terus memperjuangkan nasibnya. Dengan profesi sebagai tukang cukur rambut, tidak kurang setiap harinya Jawie memotong rambut hingga 40-50 kepala.
    Pelanggan yang datang pun dari segala usia, mulai dari usia sekolah hingga orang tua. Tidak jarang pelanggannya harus mengantre menunggu giliran untuk dipotong rambutnya. Dengan tarif hanya Rp.4000 saja, Jawie siap membuat para pelanggannya untuk tampil beda dengan dandanan rambutnya. “Untuk tahun kemarin saya hanya pasang tariff Rp 3000 saja.”Terang Jawie.(9/5).
    Lokasi tempat mangkalnya yang strategis di pinggir jalan Kedungwuluh,  tepatnya di pinggiran sawah setiap harinya Jawie dengan ramah melayani setiap pelanggannya yang datang minta pelayanan jasanya. “Alhamdulillah, pelanggan saya tidak hanya warga sekitar tapi ada juga dariluar kecamatan bahkan dari Kecamatan Banjarsari. “Ungkap Jawie.
    Menurut Jawie, sudah saatnya masarakat tidak terlalu menuntut pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan, sebab ternyata masarakat sendiri bisa menciptakan lapangan kerja endiri. “Paling tidak untuk  diri sendiri, dengan kehidupan pedesaan banyak sekali yang bisa dikerjakan dan menghasilkan. “Terang Jawie.
    Jika selalu menunggu dan berharap untuk bekerja di tempat lain, apalagi pergi ke kota yang belum tentu sama karakter dan adat istiadat daerah yang akan dituju, lebih baik mengembangkan potensi diri di kampung halaman. “Dan saya harap, tugas pemerintah daerah dalam hal ini harus jeli dan perhatian dalam melihat potensi yang ada di tipa-tiap desa. “Imbuh Jawie. (NANA ).

Related

berita 4564088039591944676

Posting Komentar

emo-but-icon

item