APBD TAHUN 2016, 120 MILYAR UNTUK PEMBANGUNAN JALAN DAN JEMBATAN

PANGANDARAN-Berbeda dari tahun 2015, bidang binamarga Dinas Puhubkominfo Kabupaten Pangandaran yang mendapat anggaran Rp 170 milyar, sekarang pada realisasi APBD tahun 2016, untuk perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang ada di bidang binamarga sebesar Rp 120 milyar.

“Tahun ini sekitar 60 kilometer jalan yang ada di 10 kecamatan mendapat perbaikan dan pelebaran yang tadinya 3 meter menjadi 4 meter. “Terang Plt Kabid Binamarga, Anang Yogaswara. (27/5).

Ditambahkan Anang, ada juga pembangunan beberapa jembatan yang dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK), seperti jembatan Sodongkopo yang menghubungkan Nusawiru ke Batukaras, jembatan Cikidang yang menghubungkan Desa Babakan dengan pantai timur Pangandaran, Jembatan Mandasari, Jembatan Gimbal, Bojong Ciparanti, Muara Tiga Sukahurip dan jembatan Sintok Ciparakan. Tapi karena penganggaran untuk pembangunan jembatan tersebut menelan biaya yang besar, dimungkinkan tidak akan selesai pada anggaran 2016 saja.

“Seperti pembangunan jembatan sodongkopo, dari total anggaran 35 milyar, tahun 2016 hanya bisa dibangun pilar dan abutmentnya saja senilai 15 milyar. “Terang Anang. 

Sementara untuk jembatan Cikidang, masih kata Anang, tahun ini baru akan dibangun abutmentnya dan jembatan Mandasari pada anggaran tahun 2016 sekitar Rp 2,5 milyar pelaksanaan bangunannya meliputi pembuatan selimut beton pada fondasi jembatan.

“Total anggaran untuk jembatan mandasari tersebut seluruhnya sebesar Rp 37 milyar. “Imbuh Anang.

Selain pembangunan fisik jembatan, menurut Anang, dalam pelaksanaannya,  pemerintah pun harus mengeluarkan anggaran pembebasan tanah.

“Mudah-mudahan pada APBD 2017 nanti semua jembatan tersebut bisa selesai. “Kata Anang. (hiek)

Related

berita 8851731857299973937

Posting Komentar

emo-but-icon

item