DALAM RT RW PANGANDARAN, PARIGI AKAN JADI PUSAT PEMERINTAHAN

PANGANDARAN-Secara umum pariwisata menjadi skala prioritas di Kabupaten Pangandaran, oleh karena itu diperlukan Rencana Tata Ruang Wilayah (RT RW) yang betul-betul bisa merepresentasikan pangandaran seutuhnya sehingga bisa menunjang terciptanya wisata yang mendunia.
Walau rancangan RT RW baru masuk ke Pemvro jawa barat, Pemerintah Kabupaten Pangandaran telah memetakan pembagian wilayah atau zonasi di setiap kecamatan.

Sepertiyang dikatakan Kabid Fisik Sarana dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan ( Bappeda) Pangandaran, Drs. Dedih Rahmat, M.Si menggambarkan, di 10 kecamatan akan dibagi dalam lima Wilayah Pembangunan (WP). Dan rinciannya, WP 1 mencakup Kecamatan Mangunjaya, Padaherang dan Kalipucang yang akan menitikberatkan pada sektor agropolitan dan  untuk WP 2 cakupannya, Kecamatan Pangandaran dan Sidamulih yang dititikberatkan pada sektor pariwisata.

”Ke depan,Kecamatan Sidamulih akanjadi penyangga kepriwisataanpangandaran. “Ungkap Dedih.(19/4).

    Sedangkan untukWP 3,lanjut Dedih, hanya hanya Kecamatan Parigi saja sebagai pusat pemerintahan dan Ibu Kota Kabupaten.  Kemudian WP 4  yang akan meliputi Kecamatan Cigugur dan Langkaplancar yang akan menitikberatkan pada sektor agropolitan.

“Sementara untuk WP 5 meliputi kecamatan Cijulang dan Cimerak akan memfokuskan pada sektor pariwisata dan perhubungan, alasannya karena di wilayah tersebut ada Bandara dan kereta api. “Terang Dedih.

     Selain itu menurut Dedih, sektor perikanan juga menjadi potensi di wilayah Kecamatan Pangandaran, Parigi dan Cijulang yang direncanakan menjadi Minapolitan.

“Dan daerah ini akan menjadi pusat perikanan. “Imbuh Dedih.

Kedepan, lanjut Dedih, direncanakan kecamatan Pangandaran akan menjadi pusat kegiatan dan kecamatan Parigi menjadi pusat layanan.

Dedih juga mengatakan,  sebagaimana dalam RTRW provinsi maupun nasional, kawasan Pangandaran ini statusnya lebih tinggi karena akan menjadi Pusat Kegiatan Wilayah, sedangkan  Parigi sebagai pusat pemerintahan.

“Sekarang  Pemkab Pangandaran sedang merencanakan pembangunan tempat perkantoran di wilayah desa Cintaratu kecamatan Parigi, nantinya kantor dinas dan lembaga akan ditempatkan disana.“ pungkasnya. (AGE).

Related

berita 5402581918800640472

Posting Komentar

emo-but-icon

item