Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Distan Pangandaran Turunkan Dokter Dan Nakes Hewan Ke Lapangan

PANGANDARANNEWS.COM - Uqntuk memastikan kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Dinas Pertanian Kabupaten Pangandaran 20 petugas kesehatan hewan yang akan mengawasi dan pengendalian hewan kurban di seluruh kecamatan.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pangandaran Yadi Gunawa saat melepas kedua puluh petugas hewan, bertempat di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Dusun Bojonggebang Desa Wonoharjo Kecamatan Pangandaran.(10/06)

Kata Yadi, petugas ini diantaranya ada dokter hewan, tenaga kesehatan (Nakes)  hewan dan petugas lainnya.

"Hewan-hewan ini harus benar-benar dipastikan dalam kondisi sehat karena nantinya  akan dikonsumsi," ungkap Yadi.

Yadi mengatakan, sebenarnya kegiatan pemantauan langsung ke kandang atau peternak ini sudah dilakukan sejak dua minggu lalu, mulai dari kecamatan Mangunjaya, Padaherang, Cimerak dan kecamatan lainnya.

Yadi menyebut, ada 1479 sapi potong, 700 kambing dan 1377 ekor domba yang sudah diperiksa serta dinyatakan layak dan sehat untuk nantinya dijadikan hewan kurban.

"Untuk jenis sapi sendiri antara lain, limousin, brahman, Sapu Simental dan Peranakan Ongole atau PO," jelasnya.

Yadi juga menekankan agar hewan yang akan dijadikan kurban nanti, kalau bisa dipilih berjenis kelamin betina dengan usia tidak tidak terlalu tua atau terlalu muda.

Ia menambahkan, hasil pengecekan mulai ekor, usia kaki serta kondisi lainnya saat
dilakukan di sejumlah kandang peternak di seluruh kecamatan, tidak ditemukan penyakit pada hewan yang akan di kurbankan.

"Semua hewan yang kami periksa usianya sudah cukup di atas 2 tahun," ucapnya.(hiek)

Related

berita 3301418381788641079

Posting Komentar

emo-but-icon

item