Hasil Kerja Keras Buda PAUD Pangandaran, Ida N Wiradinata Raih Wiyata Dharma Utama Dari Kemendikbudristek

Ida N Wiradinata

PANGANDARANNEWS.COM
- Bunda PAUD Kabupaten Pangandaran sangat berperan aktif di bidang dunia pendidikan, sehingga sejumlah penghargaan pun berhasil diraih.

Seperti disampaikan mantan Sekretari Dinas Pendidikan Kabupaten Pangandaran yang kini menjabat Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Dodi Djubardi, sebagai istri bupati gelar Bunda PAUD otomatis melekat pada diri seorang Ida Nurlaela Wiradinata yang berperan mengajak masyarakat agar memasukan anak-anaknya kepada pendidikan PAUD.

Seperti diketahui, kata Dodi, saat ini tingkat partisipasi pendidikan anak usia dini di Kabupaten Pangandaran masih rendah sehingga Bunda PAUD pun terus mendorong adanya pasrtisipasi belajar di sejak usia dini.

"Dan alhamdulilah sekarang sudah cukup lumayan tinggi," ucap Dodi saat ditemui PNews di ruang kerjanya.(07/05)

Selain itu, imbuh Dodi, berkat kerja keras serta peran aktif Bunda PAUD, saat ini seluruh PAUD di Kabupaten Pangandaran sudah terakreditasi baik pada Kelompok Bermain (Kober) maupun Taman Kanak-kanak (TK).

"Setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan usian dini seperti kalau ada kegiatan di provinsi atau di kecamatan Ibu Ida selalu turun langsung dan aktif," imbuh Dodi.

Sementara menurut salah sorang guru PAUD di Pangandaran Avianti menyebut, saat ini banyak masyarakat yang belum paham sistem pendidikan di PAUD. 

Padahal menurutnya, peran Bunda PAUD sangat mendukung serta melakukan sosialisasi terkait pentingnya pendidkan anak usia dini.

"Hal ini tentu memberikan perubahan yang cukup signifikan sehingga sekarang banyak orangtua yang memasukan anaknya sekolah PAUD," ungkapnya.

Seperti diketahui, peran Hj Ida Nurlaela Wiradinata pada perkembangan PAUD di Pangandaran ini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). yang dilaksanakan di hotel Mercure Convention Centre Ancol Jakarta, beberapa waktu lalu (08/11/2023). 

Selain atas kinerja dan kepedulian yang tinggi dalam mendukung gerakan transisi Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan, penghargaan ini juga diberikan atas program kerja (Pokja) dan aksi nyata yang dilakukan oleh Bunda PAUD di seluruh Indonesia dalam mendukung tiga target perubahan gerakan transisi PAUD-SD yang menyenangkan.

Dalam kegiatan tersebut, Ida Wiradinata berhasil menyabet predikat sebagai Bunda PAUD Kabupaten Pangandaran dan menjadi satu dari 24 terbaik untuk Bunda PAUD Kabupaten/Kota Non-Tertinggal yang diserahkan langsung oleh Bunda PAUD Nasional, lriana Joko Widodo didampingi Mendikbudristek dan Dirjen PAUD dan Pendidikan Masyarakat.

Saat itu Kemendikbudristek memberikan penghargaan kepada 42 Bunda PAUD melalui kategori Wiyata Dharma Utama, Wiyata Dharma Madya, dan Wiyata Dharma Pratama.(hiek)

Related

berita 8737769579954781059

Posting Komentar

emo-but-icon

item