Tak Capai Kuorom, Rapat Paripurna DPRD Pangandaran Terpaksa Ditunda Beberapa Kali


PANGANDARANNEWS.COM
  - Akibat tidak hadrinya sebagian Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, rapat paripurna pun sempat ditunda beberapa kali.

Dari pantaua PNews, rapat dimulai pada sekitar pukul 14.15 WIB dan sempat melakukan pembahasan penetapan pembahasan program pembentukan peraturan daerah (Propemperda) Kabupaten Pangandaran tahun 2024, namun beberapa jam kemudian pada rapat paripurna pembahasan terkait penetapan persetujuan DPRD terhadap rancangan peraturan daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2024 menjadi Peraturan Daerah (Perda) itu ditunda karena dianggap tidak memenuhi kuorum yaitu minimal rapat harus dihadiri 50 % plus satu anggota. Tapi karena saat rapat paripurna digelar cukup banyak yang tidak hadir, rapat yang didominasi oleh anggota DPRD dari fraksi Partai PDI Perjuangan pun ditunda.

Saat diminta komentarnya Ketua DPRD Kabupaten Pangandaran, Asep Noordin mengatakan, rapat paripurna hari ini seharusnya wajib dihadiri dari 2 per 3 anggota DPRD yang di dalam ketentuan harus secara fisik (hadir di rapat tersebut).

Sementara sebelumnya ada yang mengatur tentang bisa dihadiri secara zoom tapi itu dalam kondisi darurat dan pemerintah pusat sudah mencabut kondisi darurat nasional yang sifatnya tidak bisa menghadiri rapat.  Jika memang di daerah ada bencana yang menyeluruh, hal ini tentu harus ada penetapan SK daruratnya.

"Jadi sesuai dengan ketentuan, karena rapat paripurna ini belum kuorum maka rapat ditunda satu jam kemudian nanti digelar kembali," ujar Asep saat memimpin rapat paripurna yang belum memenuhi kuorum.(24/11)

Tapi satu jam ditunggu masih belum kuorum, maka kata Asep, sesuai ketentuan rapat bisa ditunda kembali selama 2 jam kemudian.

"Ya, saya meyakini anggota DPRD lain bisa hadir 2 jam kemudian meskipun ada beberapa teman kita yang kebetukan sedang ada di luar kota," ucapnya. (hiek)


Related

Jendela Parlemen 8968863746224272917

Posting Komentar

emo-but-icon

item