Walau Saat Kemarau, Pamsimas Di Desa Sukahurip Mampu Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga


PANGANDARANNEWS.COM
- Di saat warga di sejumlah desa lain mengalami kwsukitan air bersih lain halnya dengan masyarakat Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran, karena walau musim kemarau saat ini sudah berjalan hampir tiga bulan namun kebutuhan air bersih masyarakata masih bisa terpenuhi.

Menurut Kepala Desa Sukahurip Warisman Haerudin mengatakan, kebutuhan air bersih warga ini masih terpenuhi dengan memanfaatkan sumber mata air di Gunung Tayem yang berjarak sekitar 6-8 kilo meter dari pusat penampungan.

Dengan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) ini, kata Warisman, air bersih ini ditampung untuk disalurkan ke 150 kepala Keluarga (KK).

"Pamsimas ini mampu mampu menampung sekitar 34 ribu liter air, sehingga masih cukup untuk  suplai air bersih ke masyarakat walau pun musim kemarau seperti saat ini," jelasnya.(30/08)

Warsiman mengatakan, Desa Sukahurip dengan dengan jumlah penduduk 1.209 KK, sebagian kebutuhan air bersihnya bisa terpenuhi dari Pamsimas, sementara warga lainnya membuat sumur bor di rumahnya masing-masing dengan kedalaman sekitar 20 meter.

Namun Warsiman mengaku, kebutuhan air ini baru sebatas untuk air bersih keluarga, sementara untuk pertanian masih tadah hujan.

Saat ini sekitar 55 hektar sawah milik masyarakat di Desa Sukahurip masih mengandalkan air hujan, sehingga ketika terjadi kemarau panjang banyak sawah yang tidak bisa ditanami.

"Saat ini satu dari dua sumber air bersih di gunung Tayem sudah mengalami kekeringan, mudah-mudahan masih cukup hingga datang musim hujan," ungkapnya.(hiek)

Related

Kabar Desa 8665094019990923255

Posting Komentar

emo-but-icon

item