Tingkatkan Profesional Dan Kemampuan, Sejumlah Pemandu Wisata Citumang Ikuti Peningkatan Kapasitas Pemandu


PANGANDARANNEWS.COM
- Untuk lebih meningkatkan serta profesionalisme dalam memadu wisatawan, sejumlah pemandu di obyek wisata Body Rafting Citumang Kabupaten Pangandaran gelar pelatihan peningkatan kapasitas pemandu, yang dipandu salah satu Lembaga Pendidikan Keterampilan Pemandu, bertempat di aula hotel HAU Citumang.(18/07)

Kegiatan ini juga turut dihadiri Himpunan Pemandu Indonesia (HPI), Dinas Pariwisata dan Budaya, Satpol PP Kabupaten Pangandaran, Provider wisata body rafting Citumang dan pihak Perhutani.

Menurut Ketua pemandu parkir 1 Citumang Arif Jep, pelatihan ini sangat bermanpaat karena hasil dari pelatihan ini nantinya bisa langsung dipraktekan di lapangan saat memandu wisatawan.

"Dalam pelatihan ini kami dibekali pengetahuan bagaimana caranya agar tamu puas mendapatkan pelayanan kami," terang Jep.

Ada sekitar 200 pemandu yang ada di obyek wisata Citumang ini, kata Jep, benar-benar mengandalkan mata pencariannya dari jasa memadu. Artinya, jika profesi pemandu tidak dilakukan dengan profesional serta tidak mampu membuat wisatawan nyaman tentu ini akan berdampak pada pemandu dan obyek wisata Citumang.

Hal senada disampaikan Ketua HPI Pangandaran, Muhrodin, menurutnya seorang pemandu harus benar-benar paham apa yang diinginkan wisatawan. Dan  pemandu juga harus masuk dalam wadah profesi pemandu, sehingga legalitasnya bisa teruji dan terukur.

"Cakupan wilayah kerja pemandu ini luas dan tidak hanya di satu obyek wisata saja," ucapnya.

Sementara menurit Koordinator Markering dan Pengelolaan Destinasi
Palawi area bisnis wisata wilayah barat, Budi prasetio, obyek Citumang sudah menjadi destinasi terbaik di wilayah  barat. Dengan wisata minat hususnya Citumang juga sudah bisa memberikan dampak positif bagi masarakat sekitar, dan ini dibuktikan dengan meningkatnya perekonomian warga.

Budi menyebut ia melihat langsung bagaimana para pemandu di Citumang ini sudah menjadi lapangan kerja bagi mereka, hususnya di sektor pariwisata.

"Jadi selain mampu meningkatkan ekonomi, Citumang juga sudah bisa membuka lapangan kerja bagi masarakat," ucap Budi.(hiek)

Related

Wisata 9068865269664863985

Posting Komentar

emo-but-icon

item