Krispi Cumi Jadi Andalan Aneka Oleh-Oleh Di Obyek Wisata Pangandaran


PANGANDARANNEWS.COM
- Rasanya ada yang kurang jika berwisata ke pantai Pangandaran tanpa mencicipi aneka kudapan khas hasil laut, seperti makanan sea food atau ikan asin.

Banyak aneka kuliner khas pantai yang bisa memanjakan selera makan yang bisa dinikmati langsung di kawasan wisata atau berburu makanan siap saji, baik untuk dimakan langsung atau untuk dibawa pulang menjadi oleh-oleh liburan.

Berlokasi di sekitar Tempat Pelelangan Ikan (TPI) tepatnya di obyek wisata pantai timur berjejer kios-kios penjual aneka makanan krispi berbahan dasar udang, cumi, ikan wilis dan krispi baby crab (kepiting kecil).

Menurut salah seorang pedagang pemilik toko pedagang, Ipit Kertiti pemilik kios "Mamah Ipit", jika sedang ramai kunjungan wisatawan tokonya mampu menjual aneka makanan ini hingga 1 kwintal per hari.

"Namun jika sepi pengunjung paling omzet penjualan kami sekitar 20-30 kilo gram perharinya, "terang Ipit.(19/02)

Ia menyebut di tokonya udang krispi dipatok dengan harga Rp240 ribu/kg, ikan wilis Rp360 ribu/kg,
baby crab Rp 240 rb/kg dan krispi cumi Rp480 rb/kg.

"Untuk saat ini yang menjadi favorit pembeli masih didominasi dengan krispi cumi," terang Ipit.

Menurut Ipit yang sudah berjualan puluhan tahun, usahanya ini sangat tergantung pada kunjungan wisatawan yang datang ke Pangandaran, sehingga saat arus wisatawan berkurang omzet penjualannya pun akan terdampak sekali.

"Seperti saat pandemi beberapa waktu lalu, saat itu tidak ada wisatawan yang datang dan jualan saya pun sangat sepi pembeli," ujar Ipit.(hiek)

Related

wisata kuliner 995405477385506273

Posting Komentar

emo-but-icon

item