Untuk Ketahanan Ekonomi Desa, Kades Gunajaya Ajak Warganya Budidaya Talas Pramata


pangandarannews.com/tasiknews
- Setelah berhasil budidaya Talas Pramata, Kepala Desa Gunajaya Kecamatan Manonjaya  Kabupaten Tasikmalaya, Eli Surahman pun mengajak warganya untuk ikut menanam talas tersebut.

Saat dijumpai PNews di ruang kerjanya, Eli menuturkan, awalnya ia menanamnya si lahan milik sendiri, lalu setelah berhasil dan ternyata hasilnya sangat menjanjikan ia pun mengajak warganya untuk ikut  menanam berbudidaya Talas Pratama ini.

"Allhamdulilah sekarang ini sudah sekitar 40 warga ikut menanam talas pratama ini hingga jumlah keseluruhan lahan masyarakat yang di tanami mencapai 1 hektar, "ungkap Eli.(27/01)

Eli mengatakan, hasil budidaya talas ini benar-benar sangat menjanjikan karena harga jualnya bisa mencapai Rp6 ribu per kilonya dengan masa tanam 3 bulan sampai dengan panen.

Eli menyebut, untuk menjual hasil tanam pun sangat mudah karena banyak pengusaha yang siap menampung. 

"Talas Pramata ini untuk dijadikan bahan baku pembuatan tepung, "terangnya.

Kepada warga yang kebetulan memiliki lahan luas, Eli pun mengajak agar lahannya ditannami talas pramata. 

Dan kepada masyarakat yang akan ikut menanam, sebelumnya Eli pun memberikan pengarahan dengan mendatangkan petugas penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya.

Eli bersukur karena melihat perkembagan tanaman talas pratama di desanya ini terus berkembang, dan tentu ini sangat menjanjikan serta dapat meningkatan perekonomian khususnya masyarakat Desa Gunajaya .

"Saya juga tidak lupa mengajak para pemuda untuk menjadi petani melenial, karena gerakan bertani ini bisa menghidupkan ekonomi masyarakat, "pungkasnya.(anwarwaluyo)

Related

TASIK NEWS 8767879322503421264

Posting Komentar

emo-but-icon

item