FK-PKBM Gelar Bintek Peningkatan Kompetensi Pendidik Dan Kependidikan Se Kabupaten Pangandaran

PANGANDARANNEWS.COM - Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK- PKBM) Kabupaten Pangandaran beberapa hari lalu menyelenggarakan Bimbingan Teknis (bintek) peningkatan kompetensi pendidik dan kependidikan yang diikuti 12 PKBM  serta melibatkan penyelenggara dan tutor-tutor pendidikan kesetaraan se- Kabupaten Pangandaran. (09/10)

Pada kesempatan pembukaan yang diadakan pada hari Minggu 9 Oktober oktober 2022, Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran, Darso, S.Pd mengungkapkan, PKBM merupakan sebuah tempat atau bengkel bagi setiap kalangan masarakat terbuka untuk bisa tetap belajar dan meningkatkan kependidikanya di PKBM yang ada, dengan ijazah dan kesetaraan yang sah dan di akui oleh pemerintah.  

“Dengan adanya PKBM ini berarti semua ikut serta membantu program pemerintah untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa guna meningkatkan perkembangan dan mutu SDM Indonesia, “ungkap Darso. 

Darso juga mengungkapkan, manfaat yang banyak didapatkan oleh siswa PKBM, diantarnya dapat menurunkan kesenjangan di masyarakat dan diharapakan bisa mencetak kelulusan yang siap bekerja.

Bapak Kabid Disdikpora juga menambahkan, dengan adanya forum Komunikasi pusat  kegiatan  belajar masarakat yang di adakan di Padaherang ini  bisa membantu meningkatkan semangat mengajar, saling bertukar pikir dan meninngkatkan silaturahmi bagi pendidik  dan tenaga kependidikan di kabupaten Pangandaran.

Sementara menurut salah seorang anggota FK- PKBM, Cucun Ruhyat, S. Pd,i  di Kabupaten Pangandaran mempunyai 12 PKBM yang mampu  membantu masarakat guna meningkatkan standart kesetaraan sekolah dengan metode pembelejaran yang fleksibel, seperti metode  pembelajaran Luring/ tatap muka ( diskusi , tanya jawab, ceramah dan lainnya), Daring/ online ( zoom meeting, GCR, G-Form atau Whatsapp)  dan Modul. 

“Masa pembelajaran di PKBM untuk Paket B, terdiri 3 tahun dan juga  3 tahun untuk Paket C, “terang Cucun.

Hal senada dikatakan salah seorang peserta Bimtek kegiatan mengajar untuk tenaga pendidik dan kependidikan, Suryamah, menurutnya banyak sekali manfaat yang didapatkan di PKMB dengan materi dan pokok bahasan yang cangkupannnya lebih Luas. 

ketua F-PKBM Pandu Generasi Indonesia  juga menambahkan, materi pembelajaran di PKBM adalah materi umum yang bisa  meningkatkan skill sehingga mampu bersaing dengan sekolah formal.  

(penulis: Pujianti, S.S, M.Pd- Guru Pengajar SD  Maruyungsari Kecamatan Padaherang)


Related

Pendidikan 8100493943633684714

Posting Komentar

emo-but-icon

item