CIPTAKAN MURID JUARA, PEMKAB PANGANDARAN TERAPKAN DIGITALISASI PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

PANGANDARANNEWS.COM – Untuk mengetahui perkembngan pasca diberlakukan Pembelajaran tatap Muka (PTM), Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata didampingi Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Agus Nurdin, beberapa hari lalu melakukan pantauan, salah-satunya di PTM di SDN 1 Babakan Kecamatan Pangandaran dan SMPN 1 Padaherang Kecamatan Padaherang. (9/9)

Usai diterima langsung Kepala dan guru-guru di SDN 1 Babakan, Bupati langsung duduk bersama siswa untuk melihat pengajaran yang diberikan guru melalui papan tulis digital.

“Dengan adanya digitalisasi baik  proses belajar maupun guru yang menerangkan pada siswa jadi semakin mudah, “ungkap bupati.

Bupati mengaku sudah lama ia tidak memantau proses belajar tatap muka, sejak dulu sempat dibuka pada September 2020, tapi karena pad bulan juli - agustus dihentikan karena PPKM dan baru dibuka lagi setelah Pangandaran berada pada level 3.

Selain ingin melihat langsung PTM, kata bupati ia juga ingin mengetahui seperti apa proses belajar dengan sistem digital, apakah lebih mudah dan siswa mengaku lebih mudah, sehigga pembelajaran seperti sistem ini akan terus dilakukan, dan untuk tahap pertama ini baru beberapa sekolah saja yang melaksanakan proses belajar dengan sistem digital. Dari 286 SD sekarang baru 40 sekolah yang sudah menerapkan digitalisasi, itu pun baru kelas enam saja. 

“Insya Allah secara bertahap digitalisasi akan dilaksanakan sehingga proses belajar mengajar pun bisa berjalan lebih baik, karena ini merupaka salah satu komitmen Pemerintah Kabupaten Pangandaran dalam memajukan sumber daya manusia” ucap Bupati.

Bupati mengatakan, sistem digitalisasi juga menjadi komitmen emda dalam utnuk meingkatkan kualitas pendidikan sehingga peserta didik tidak gagap tekonologi (gaptek) karena sejak usia dini sudah mengenal komputer, sudah mengikuti proses mengajar secara digital dan kedepannya diharapkan akan mampu bersaing dengan daerah lain.

Saat ini posisi pendidikan Kabupaten Pangandaran di Propinsi Jawa Barat sangat bagus, menurutny hal ini dibuktikan dengan angka rapot mutu SD yang menempati 3 besar se Jawa Barat.  Hari ini rapot mutu SD adapada rangking tiga se Jawa Barat, SMP ranking 4, kinerjanya rangking 1dan diharapkan dengan sistem pembelajaran secara digitalisasi ini kualitas pendidikan di Pangandaran akan semakin baik dan tentu ini juga dalam rangka menciptakan pendidikan yang juara.

Tapi bupati juga menghimbau agar pembelajaran saat kondisi pandemi ini tetap harus memperketat protokol kesehatan. Dan saat ini pembelajaran tatap muka sudah dimulai sejak Pangandaran PPKM level 3, tapi hanya diikuti 50 persen siswa, pakai masker, periksa suhu, juga setiap hari ada yang di swab. Dan hal ini akan terus dipantau.

“Saat ini program vaksinasi untuk tenaga kependidikan sudah hampir 100 persen, untuk siswa yang berumur 12 tahun keatas siswa SD kelas 6 sekitar 4.000, “terang bupati. (PNews)


Related

Pendidikan 2646369359459078035

Posting Komentar

emo-but-icon

item