BUMDES HARUS BERPERAN DAN BANTU TINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA

PANGANDARANNEWS.COM - Desa merupakan ujung tombak pembangunan dalam upaya mensejahterakan masyarakat sehingga pemerintah pun terus mendorong pengembangan ekonomi di desa, salahsatunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Pangandaran H Ujang Endin Indrawan dalam acara Launching Program Business Center Bumdes Kabupaten Pangandaran,yang digelar di Ballroom Hotel Laut Biru Pangandaran.(22/4) 

Dalam acara yang tirit dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Provinsi Jawa Barat, Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jawa Barat, Ketua APDESI Provinsi Jawa Barat, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung, perwakilan Kepala Desa dari 18 Kabupaten-Kota di Jabar, Ujang Endin juga mengatakan desa merupakan ujung tombak pembangunan, jika desanya kuat maka kabupaten-kotanya kuat, dan untuk tujuan tersebut di desa di bentuk BUMDES.

“Melalui BUMDES ini pemerintah desa bisa mengupayakan peningkatan kesejahteraan warganya, “kata Ujang Endin.

Dan melalui BUMDES ini juga, menurut Ujang Endin, bisa dilakukan upaya-upaya bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya, karena BUMDES sebagai badan usaha sebagaimana diamanatkan Pemerintah Pusat melalui Peraturan Menteri Dalam Negeri, dapat  membantu masyarakat untuk tidak terjerat kepada rentenir.

Namun diakui Ujang Endin, dalam menjalankan BUMDES perlu kehati-hatian agar sesuai program yang ditentukan.

Ia menambahkan, Bumdes juga dapat bekerjasama dengan pihak ketiga atau pihak swasta lainnya, walau dalam plaksanaannya tetap harus hati-hati, dan prinsip kehati-hatian ini penting pasalya Kepala Desa dan Bumdes memegang amanah ada uang masyarakat.

“Di Kabupaten Pangandaran sendiri sudah banyak desa yang memiliki BUMDES secara formal walau pun ada beberapa BUMDES yang belum menjalankan roda usahanya, “imbuhnya.

Sementara menurut Ketua APDESI Provinsi Jawa Barat, Dede Kusdinar, salah satu fungsi usaha BUMDES untuk meningkatkan PAD Desa yaitu pemasangan BTS Internet.

BTS internet ini, kata Dede merupakan salah satu gerbang untuk menuju salah satu usaha desa yaitu lewat internet ini dan kerjasamanya dengan BUMDES.

“Selain itu tentu pihak APDESI dan Pemerintah Provinsi juga berperan untuk memfasilitasi kerjasama tersebut pada perbankan, “jelas Dede. (PNews)









Related

berita 4143218140123340772

Posting Komentar

emo-but-icon

item