PERTANYAKAN KETIDAKHADIRAN KADES, KETUA PANWASCAM MANGUNJAYA LANTIK 5 PKD

PANGANDARANEWS-Panwaslu Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran, hari sabtu kemarin (14/3) resmi melantik 5 Pengawas Keluraha/Desa (PKD) se-Kecamaatan Mangunjaya, yang dihadiri anggota polsek, koramil, sekmat dan beberapa tamu undangan lainnya.
Ketua panwaslu Kecamatan Mangunjaya, Toni Taufiq, usai pelantikan, mengucapkan selamat kepada sahabat-sahabat PKD yang telah dilantik.

Menurut Toni, PKD merupakan orang-orang terpilih, sehingga bisa dipercaya dapat menjalankan amanah konstitusi.

“Pelantikan ini merupakan bagian terpenting yang harus dilalui, karena merupakan kekuatan hukum untuk menjakankann tugas nanti di lapangan, “ucap Toni.

Lebih jauh Toni mengatakan, PKD menjadi salah satu instrumen pengaas pemilu yang akan bertugas di tingkat desa dalam mengawal terselenggaranya pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Pangandaran yang akan dilaksanaka tanggal 23 september 2020 mendatang bisa berjalan demokratis sesuai dengan prinsif-prinsif penyelenggara pemilu yang diamanatkan undang-undang nomer 10 tahun 2016, sehingga seluruh PKD pun dituntut harus memahami tugas, wewenang dan kewajibannya.

Selia itu, ucap Toni, PKP juga  memiliki peran penting dalam menjalankan tugas pengawasan di setiap tahapan,  dari mulai pemutahiran data pemilih sampai dengan rekapitilasi hasil perhitungan suara. Untuk itu PKD harus  memahami tugas dan wewenang serta  diharapkan memiliki karakter dan jati diri sebagai pengawas pemilu.

“PKD harus memahami dan mempraktikan kode etik dan tetap berpedoman pada perilaku penyelenggara pemilu, “imbuh Toni.

Di hadapan anggota PKD dan undangan lainnya, Toni menyayangkan ketidakhadiran 5 kepala desa yang ada di wilayah kerja Panwascam Mangunjaya, karena ada beberapa hal yang harus di sampaikan terkait undang-undang kepemiluan, khususnyayang terkait dengan netralitas ASN dan kepala desa dalam pilkada.i

“Entah apa alasannya, padahal beberapa hari sebelum pelantikan ini dilaksanakan kami sudah mengirim undangan ke setiap kepala desa, “terangnya. (PNews)

Related

POJOK PEMILU 6439177010827497155

Posting Komentar

emo-but-icon

item