TAK HANYA TANGGUNGJAWAB PENYELENGGARA, PILKADA 2020 MENJADI TANGGUNGJAWAB BERSAMA

PARIGI-Suksesnya Pilkada tahun 2020 bukan hanya tanggungjawab pihak penyelenggaran (KPU dan Bawaslu-red), tapi ancar dan amannya hajat demokrasi pemilihan kepala daerah ini  menjadi tanggungjawab  seluruh elemen.

Demikian disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Iwan Ydiawan, S. Ag, di sekretariat bawaslu di Desa Cibenda Kecamatan Parigi.(01/11)

“Masyarakat atau siapa saja bisa ikut mengawasi seluruh proses pilkda ini isecara porposional, “kata Iwan.

Pada Rapat Dalam Kantor (RDK) ini, kata Iwan, bawaslu sengaja mengundang pemerintah daerah melalui Bagian Humas Setda dan Dinas Kominfo agar bisa bersinergis sesuai kafasitasnya masing-masing.

Dan bawaslu juga, lanjut Iwan, tentunya menganggap sangat penting peran media dalam seluruh tahapan-tahapan pelaksanaan pilkada ini, karena media bisa menjadi alat kontrol sekaligus fungsi publikasi pada masyarakat.

“Dan tentunya kami juga terus melakukan kordinasi baik itu dengan DPRD, TNI dn Polri, “imbuhnya.

Pada kesempatan lain, Dinas Kominfo yang diwakili Kepala Bagian KPS, Tatik Ika Mustika, S.Ip, M.Si, mengatakan, peran Kominfo dinilai besar dalam menjalankan program layanan publik, karena hal ini untuk memberikan informasi sehingga peayanan publik pun bisa berjalan baik.
Menurut Tatik, ada perbedaan peran serta fungsi antara humas dan Dinas Kominfo, antara lain, peran humas lebih cenderung menjadi juru bicara kepala daerah.

“Sedangkan Dinas Kominfo berfungsi menyampaikan informasi sekaligus mensosialisasikan seluruh kegiatan yang ada di pemerintah daerah dan organisasi perangkat daerah, “jelasnya.

Hal senada dikatakan Kepala Bagian Humas Setda, H. Wawan Kustaman, S.Pd, MM,  ke depan fungsi humas sesuai Peraturan Pemerintah yang baru, akan berkurang. Karena pada PP tersebut humas hanya menyampaikan apa yang disampaikan bupati dan wakil bupati saja dan tugas keprotokolan.

“Mungkin ke depan media pun akan lebih sering berhubungan denga dinas kominfo untuk mendapatkan informasi daerah dan SKPD, “kata Wawan. (PNews)

Related

POJOK PEMILU 1247302551754343713

Posting Komentar

emo-but-icon

item