DESA TARUNAJAYA BERDAYAKAN MASYARAKAT UNTUK OPTIMALISASI SDM DAN SDA

TASIKNEWS-Pemberdayaan potensi yang ada  di daerah baik Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dikelola  secara propesional dan proposional, menjadi terobosan untuk menuju kemandirian desa. Untuk itu yang terpenting alah satunya dengan optimalisasi aset potensi daerah yang dilakukan secara sungguh-sungguh dapat meningkatkan akselerasi perekonomian di masyarakat.

Desa Tarunajaya Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya, dengan kekayaan sumber air melimpah yang dimiliki dan sarana irigasi bendungan Leuwisapi selama telah mampu dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari disamping keperluan pertanian dan perikanan.

Seperti dikatakan Kaur Perencanaan Desa Tarunajaya, Heri Nurjaman, di daerahnya terdapat banyak kolam ikan karena air dari irigasi sangat melimpah  dan warga pun memanfaatkan sumber daya alam  tersebut untuk perikanan dan pertanian. Smentara Pemdesa memanfaatkan potensi tersebut dengan memberdayakan warga melalui beragam pelatihan.

"Seperti belum lama ini kami memfasilitasi warga dengan melaksanakan pelatihan komoditi budidaya ikan dan tentunya ini akan penambahan ilmu baru bagi warga dalam pembudidayaan ikan", paparnya.(28/11)

Bukan hanya optimalisasi potensi sumber daya alam kolam ikan saja, kata Heri, dalam membantu peningkatan perekonomian warga khusus bagi Ibu-ibu PKK, desa juga telah memfasilitasi pelatihan keterampilan memasak dan membuat kerjinan antaran yang biasa digunakan dalam pernikahan.
Heri yang ditemui PNews di ruang kerjanya, juga mengatakan, pelatihan keterampilan Ibu-Ibu PKK dan Posyandu  bersamaan dengan sosialisasi pencegahan stunting yang digelar di desa belum lama ini, hingga saat ini masih tetap akan berlanjut. Materi pelatihan keterampilan paketan dalam acara pernikahan, seperti pelatihan tata rias.

“Rencana kedepan, pemerintah desa akan mengagendakannya disamping diadakan pelatihan daur ulang sampah yang akan di ikuti seluruh RT, “jelas Heri.

Dan kedepan nya, saat desa ataupun warga ada yang membutuhkan untuk acara pernikahan, kata Heri, tidak harus memesan keluar daerah, karena semuanya sudah dipersiapkan.

Heri menambahkan, dalam setiap kegiatan pelatihan Bumdes juga ikut berperan, seperti dalam percetakan sablon baju dan pengadaan buku pelatihan. Dan dalam kegiatan tersebut desa pun selalu menyelipkan unsur edukasi pada Ibu -ibu PKK dan Posyandu dengan membagikan botol minuman, tempat makanan dan tas yang terbuat dari kain. Hal ini bertujuan untuk membudayakan masyarakat agar mengurangi limbah industri rumah tangga, sampah plastik.

“Dengan pembagian tas dari kain, ibu - ibu tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik saat berbelanja", pungkas Heri. (RUSDIANTO-UDI RUSTANDI)

Related

TASIK NEWS 8548715606016537851

Posting Komentar

emo-but-icon

item