MAMAN HERMANA: “KEPALA SEKOLAH DITUNTUT PUNYA KOPETENSI MEMBANGUN KERJASAMA DENGAN BERBAGAI PIHAK”

PANGANDARAN-Peningkatan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumber daya yang tersedia akan terwujud dengan baik apabila didukung secara optimal peranan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.

Seperti dikatakan ketua K3S Kabupaten Pangandaran,  Maman Hermana, menurutnya, kepala sekolah merupakan pelaku utama dalam memainkan peranan penting di sekolah. ia harus menjadi motor penggerak peningkatan kinerja guru, sehingga dituntut memiliki visi, misi dan wawasan yang luas serta kemampuan profesional yang memadai dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan penyelenggaraan pendidikan.

"Selain itu kepala sekolah juga dituntut untuk memiliki kemampuan dalam membangun kerjasama yang harmonis dengan berbagai pihak yang terkait dengan program pendidikan di sekolah", imbuhnya.

Dikatakan Maman, ia bersukur untuk raport mutu pendidikan sekolah dasar saat ini Kabupaten
Pangandaran selalu meningkat di tingkat Provinsi Jawa Barat. Tahun 2017 ada pada peringkat 9, tahun 2018 menjadi peringkat 4, dan diharapkan pada tahun 2019 ini menjadi yang terbaik.
Maman juga sangat mengapresiasi kebijakan Bupati Pangandaran dengan adanya program Pangandaran Hebat (Pahe) untuk terlaksananya mutu dan kualitas pendidikan gratis, karena pahe sangat membantu meringankan beban orang tua/wali siswa seperti dalam pengadaan seragam  siswa yang di gratiskan juga kegiatan-kegiatan di sekolah yang sebelumnya dibebankan pada orang tua siswa, sekarang tidak lagi sejak adanya program tersebut.

Maman menambahkan, saat ini untuk fasilitas bangunan sekolah terus ditingkatkan dengan rehab sekolah hingga ke pelosok.

Dengan adanya program perbaikan ini, kata Maman, diharapkan para siswa akan lebih giat dan semangat belajarnya. Karena bukan hanya ruang belajar saja, perbaikan sarana lainnya, seperti  ruang perpustakaan sekolah, MCK  dan lainnya.

“Malah sekarang di beberapa sekolah sudah tersedia sarana tempat cuci tangan, semoga para guru juga akan betah dalam proses belajar mengajar dengan fasilitas sekolah yang semakin memadai", tandasnya.  (AGE)







Related

Pendidikan 3941061176883730502

Posting Komentar

emo-but-icon

item