WISATA BUBUJUNG BUTUH PERHATIAN, PEMKAB TASIK MASIH FOKUS MENATA WISATA KARANGTAWULAN DAN GALUNGGUNG

TASIK NEWS-Potensi wisata pantai Bubujung di Desa Ciheras Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya tidak kalah menarik pantai tujuan wisata lainnya yang ada di Provinsi Jawa Barat. Obyek wisata yang berada di perbatasan wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Garut ini menyimpan daya tarik wisatawan, karena selain pantainya yang indah, ada juga wisata sejarah Batu Payakup, ada tebing untuk minat khusus, air terjun serta wisatawan pun bisa menikmati pemnadangan laut dari puncak bukit dengan jajaran pohon yang rindang.

Menurut Kepala Desa Ciheras, Badru Salam, sebenarnya sejak tujuh tahun lalu sudah ada rencana pengembangan pantai untuk dijadikan kawasan wisata Tasik selatan, tapi entah bagaimana karena hingga saat ini belum ada realisasinya.

Badru juga menyesalkan, karena menurut informasi yang  ia dapat, rencanya akan dibangun tahun 2010 lalu 2013 lalu katanya lagi nanti tahun 2015.

“Lokasinya yang berada di perbatasan Tasik-Garut, sebenarnya cukup strategis karena bisa menjadi tempat rekreasi warga di kedua kabupaten dan juga bisa jadi sumber PAD. “kata Badru.(8/7)

Hal senada dikatakan Sekretaris Desa Ciheras, Yati, sebenarnya beberapa waktu lalu pernah datang konsultan serta dibuatkan masterplan pengembangan obyek wisata pantai Bubujung, seperti pembangunan waterboom, SPBU, sarana panjat tebing, dan lain-lain dan hal ini pernah mencuat pada tahun 2018, tapi entah kenapa hingga saat ini tidak kunjung ada realisasinya.

“Alasannya karena pantai Bubujung belum didaftarkan ke Dinas Pariwisata provinsi, itu kata mereka,”ungkap Yati.

Yati menyebutkan, untuk membangun serta pengembangan obyek wisata Bubujung diperkirakan butuh anggaran ratusan milyar, sehingga dibutuhkan perencanaan pembangunan yang matang dari seluruh stakeholder, sehingga nantinya Bbujung bisa dindalkan menjadi destinasi wisata unggulan.

“Sekarang  Bubujung hanya dijadikan obyek wisata warga sekitar dengan fasilitas di dalamnya seadanya, terutama saat liburan lebaran, “terang Yati.

Sementara saat diminta tanggapannya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya, Asep, menjelaskan, untuk saat ini semua pengelolaan obyek wisata yang ada di daerah, pemkab menyerahkan kepada pemerintahan desa masing-masing.

Menurut Asep yang ditemui di ruang kerjanya, saat ini pemkab Tasikmalaya masih fokus menata obyek wisata Pantai Karangtawulan dan Galunggung.

“Jika semuanya ingin dikelola bersamaan, mungkin saat ini masih bisa tertangani, makanya silahkan bagi desa yang mempunyai potensi wisata dikembangkan sendiri, “ungkapnya. (ANWAR W-UDI R)






Related

TASIK NEWS 9147829091300827791

Posting Komentar

emo-but-icon

item