KADES KARANGMEKAR JALIN SINERGITAS DAN KERJASAMA DALAM MEMBANGUN DESA

TASIK NEWS-Terjalinnya sinergitas seluruh elemen dalam membangun desa merupakan sarat mutlak demi kelancaran roda pemerintahan dan program pembangunan. Karena dari soliditas antara warga dan pemerintahan desa akan melahirkan pembangunan yang mengutamakan azas manfaat, kepatutan, keadilan dan kepatuhan, sehingga seluruh program pembangunan di desa dapat dipertanggungjawabkan dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh warga.

Seperti diungkapkan Kepala Desa Karangmekar Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Tita Bahtiar, tahun ini pembangunan yang ada di desanya dimulai dengan menginvetarisir setiap usulan untuk diseleksi titik mana yang harus mendapat skala perioritas.

“Dan tentunya ini harus diselaraskan juga dengan rencana pembangunan Pemeritah kabupaten, “paparnya.(28/6)

Ibarat mendirikan sebuah bangunan, kata Tata, kepala desa bersama seluruh perangkat harus terlebih dahulu membangun pondasi dan landasan kuat, sehingga program yang akan dilaksanakan pun bisa berjalan lancar.

Dalam penyusunan rencana program kerja pembangunan desa agar program pembangunan yang diusulkan masyarakat tidak tumpang tindih dengan program kabupaten, kecamatan, lanjut Tata, perencanaan pembangunan desa pun harus dibuat secara matang serta setiap kebijakan ini hars mendapat dukungan sepenuhnya dari warga, terutama dalam program-program yang berat.

“Ibarat mendirikan sebuah bangunan, penjabat kepala desa bersama perangkat desa harus terlebih dahulu membangun pondasi  yang kuat, sehingga bangunan tersebut bisa berdiri tegak dan kokoh,” ujarnya lagi.

Begitu juga dengan peran serta Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) serta lembaga lainnya dalam menjalankan jalanya roda pemerintahan harus seirama dengan mendahulukan kepentingan masyarakat di atas segala-galanya.

Perlu diingat, menurut Tata, kerja sama menjadi hal utama bagi pemerintahan desa, BPD dan lembaga desa lainya, dan ini menjadi penting untuk meningkatkan kemampuan pemerintahan desa itu sendiri.

“Intinya, dengan menjalin sinergitas seluruh stakeholder desa bersama warga ini harus tetap terjalin harmonis. “pungkasnya. (ANWAR WALUYO)

Related

TASIK NEWS 8786719871681339638

Posting Komentar

emo-but-icon

item