SUNGAI CIWAYANG TERCEMAR AKIBAT LIMBAH CV UNA SURYA ?

Kelompok Penggerak Pariwiata (kompepar) obyek wisata Sungai Ciwayang, menyesalkan Cv. Una Karya produksi tepung kelapa yang membuang limbah industrinya langsung ke sungai Ciwayang.

Menurut Ketua Kompepar, Ujang Sahri, selama ini sungai Ciwayang yang dijadikan wisata body rafting, jadi tercemar, pasalnya limbah sisa yang dibuang tersebut berkembang biak jadi ribuan cacing-cacing merah.

“Tentu saja wisatawan pun mengeluh karena setelah body rafting badannya galtal-gatal. “kata Ujang. (7/9)

Ujang pun meyakini, gatal-gatal yang dialami pelancong ini diakibatkan cacing yang berasal dari pembuangan limbah CV. Una Surya.

“Selain terganggu wisata body rafting, masyarakat yang tinggal di sepnajang aliran sungai pun yang sehari-hari memanfaatka air sungai untuk mand, cuci bahkan air minum pun ikut tercemar. “kata Ujang lagi.

Sementara saat dikonfirmasi ke pihak perusahaan, CV.Una Surya, melalui bagian maintenance, Rion, mengatakan, sebenarnya limbah tersebut sudah melalui du filter penyaringan. Filter pertama berfungsi untuk menjernihkan cucian hampas kelapa, dan filter kedua, kolam untuk pengecekan control penjaringan air limbah. (ANTON AS)

“Dan masalah pipa yang dipotong dan airnya yang masuk ke dalam kolam, dimaksudkan agar air bisa mengalir keluar. “ungkap Rion. (ANTON AS)

Related

berita 8419446932145656619

Posting Komentar

emo-but-icon

item