KESBANGPOLINMAS PANGANDARAN GELAR PEMBINAAN BELA NEGARA ANGKATAN II 2018

CIJULANG – Dalam rangka pembinaan seluruh ormas dan OKP, belum lama ini Kesabangpolinmas Kabupaten Pangandaran menggelar kegiatan pembinaan bela negara angkatan II bertempat di Islamic Center Cijulang Kecamatan Cijulang (29/6) yang dihadiri beberapa tokoh masyarakat, TNI dan Polri, dengan menghadirkan nara sumber dari Pasi intel kodim 0613 Ciamis, Kapten (arm) Basuri.

Menurut Kepala Kesabangpolinmas Kabupaten Pangandaran, Solih AP, kegiatan ini sebagai ajang  pembinaan ormas dan OKP yang berada di kabupaten Pangandaran agar lebih paham dalam  mempertahankan keutuhan NKRI.

“Kegiatan ini untuk tetap menjaga serta terus membangun semangat berkebangsaan terutam anggota ormas dan OKP agar bisa lebih paham arti dari kesatuan dan persatuan." katanya.

Sementara dalam penjelasannya, nara sumber, basuri menegaskan, pembinaan bela negara merupakan upaya strategis dalam menghadapi berbagai macam permasalahan dan tantangan bangsa Indonesia, terutama dalam menghadapi persaingan antar bangsa.

Masih kata Basuri, bela negara kini memasuki dua konsep pertahanan dan ketahanan nasional. Pertahanan merupakan ranahnya TNI-POLRI yang terlatih secara professional dan masyarakat harus berpartisipasi untuk menangkal dan mencegahnya. Sementara ketahanan merupakan kewajiban bersama seluruh rakyat Indonesia, untuk memperkuat ketahanan nasional dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya (IPOLEKSOSBUD).

Untuk kepentingan inilah, tegasnya lagi, bangsa Indonesia harus diperkuat karakter kebangsaannya, sehingga terus bersama-sama memajukan bangsa dalam peningkatan ekonominya, dengan kapasitas dan kompetensinya masing-masing.

"Dan target minimal pembinaan bela negara ini bisa menjadikan anak bangsa bangga sebagai bangsa Indonesia dan berjiwa merah putih”, tegasnya. (AGE)

Related

berita 8391276861154403585

Posting Komentar

emo-but-icon

item