HEBAT..! PRODUK UMKM PANGANDARAN TAMPIL DI JCC

JAKARTA - Sejumlah produk unggulan dari Kabupaten Pangandaran, seperti kerajinan hata, batok kelapa dan kayak tampil di Jakarta Convention Center (JCC) pada acara Telkom Craft 2018.(22-25/3)

Ketiga produk yang dipamerkan di tingkat nasional ini tidak begitu saja bisa tampil, karena produk-produk yang akan dipamerkan harus lulus uji kurasi panitia penyelenggara. Dan setelah dinyatakan produk asal Pangandaran ini dianggap khas, punya keunikan dan beda dengan produk-produk dari daerah lainnya, maka ketiga jenis kerajinan tersebut pun bisa tampil bersama produki unggulan dari daerah lainnya.

Seperti dikatakan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Pangandaran, H. Teddy Sonjaya, pihaknya mengaku senang melihat geliat dunia UMKM di Kabupaten Pangandaran berani tampil dan bersaing dengan produk dari luar daerah, walau pun diakui, para pengrajin Pangandaran harus belajar lebih keras agar bisa sejajar dengan para kompetitor yang sudah sejak lama ada dan saat ini menguasai pasar.

Dan tentunya, lanjut Teddy, ajang ini tentunya kesempatan bagi UMKM Pangandaran untuk mengukur diri untuk mencari inspirasi dari para peserta lain.

“Kita tidak boleh bangga dengan hasil yang saat ini di anggap baik di antara program pengembanga  produk lain di tingkat Nasional RKB (Rumah Kreatif BUMN-red),tetap harus belajar banyak,” ujar Teddy yang turut hadir ke Jakarta mendampingi para peserta.

Dikatakan Teddy, pihaknya sangat berterimkasih pada pihak-pihak yang telah mendukung, antara lain Bank BNI, Rumah Kreatif BUMN Pangandaran, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pangandaran dan Dinas Tenaga Kerja Industri dan Transmigrasi UMKM Kabupaten Pangandaran, sehingga bisa hadir menjadi delegasi UMKM Kabupaten Pangandaran di ajang Telkom Craft 2018.
Even ini sangat strategis sekali untuk pengembangan UMKM, seperti disampaikan Dirut PT Telkom Indonesia Tbk, Alex Sinaga, pada sambutannya. Menurut Alex, ajang Telkom Craft tahun kedua ini diikuti 400 UMKM dari seluruh Indonesia, dan dari jumlah tersebut, 200 UMKM merupakan binaan Telkom, 150 binaan BUMN lain dan sisanya mewakili asosiasi dan komunitas.

Masih kata Alex,  lebih dari 3 ribu produk dipamerkan dalam pameran ini, seperti, produk fashion, kerajinan dan makanan, dan ekspo ini memproyeksikan 25 ribu orang akan mengunjungi kegiatan ini.

“Dan UMKM yang tampil tahun ini lebih banyak jumlahnya, mreka yang hadir ini telah melewati pembinaan melalui program RKB di seluruh Indonesia,”terang Alex.

Pada even tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarmo, berkenan membuka Pameran Telkom Craft 2018, serta dimeriahkan sejumlah artis nasional, seperti Judika dan grup musik Gigi. (P-News)

Related

berita 113642945701176596

Posting Komentar

emo-but-icon

item